Review: Samsung Galaxy Note 9, Memori Lega, Nilai Plus di S Pen

Aplikasi dan Antarmuka

Galaxy Note 9 menjalankan Android versi terbaru hasil modifikasi Samsung yang disebut Samsung Experience 9.5. Antarmuka ini dibangun pada Android 8.1 Oreo, dan bukan Android 9.0 Pie yang baru dirilis.

Tampilan dan fiturnya masih menyerupai Samsung Experience 9 pada Note 8 atau Galaxy S9+. Ada beberapa tambahan yang bermanfaat untuk stylus dan layar besar, seperti aplikasi Edge pop-out, split-screen multitasking, dan kemampuan membuka dua aplikasi sekaligus tanpa membuatnya saling berdampingan, layaknya pada Windows.

Di area lockscreen, selain menampilkan waktu dan tanggal, terdapat shortcut menuju aplikasi panggilan telepon dan kamera. Kemudian, area homescreen-nya bisa ditambah sesuai kebutuhan dan di sebelah paling kiri ada Bixby Home.

Baca juga:

Review: Nokia 1, Ponsel Android Go Citarasa Classic

Masuk ke Menu, Anda akan melihat bilah putih kecil di sisi kanan layar. Geser ke kiri untuk melihat Edge Panel, satu lagi fitur menemukan shortcut aplikasi.

Edge Panel memiliki banyak fungsi diantaranya memudahkan untuk beralih antar aplikasi dengan cepat, membuka dua aplikasi dalam layar terpisah pada saat yang bersamaan, atau memeriksa informasi di berbagai Edge Panel yang tersedia.

Buka Settings > Display > Edge screen > Edge panels untuk melihat panel pra-instal, atur ulang panel, atau unduh lebih banyak panel melalui overflow menu (ikon tiga titik) di sudut kanan atas halaman pengaturan.

Selain menyertakan berbagai aplikasi bawaan dari Google, seperti Gmail, Google Maps, YouTube, Google Drive, dan Google Play Music, smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi tambahan, seperti S-Health, S-Voice, Galaxy Apps, Secure Folder, dan S-Lime.

Recent Articles

Justice League dan Film DC Lainnya Masih di HBO Max Sampai Desember

Technologue.id, Jakarta - WarnerMedia Entertainment mengumumkan perpanjangan beberapa film DC populer di HBO Max, akan tetap di platform streaming itu hingga Desember 2020.

Moonton Hibur Player Mobile Legends India

Technologue.id, Jakarta - Bentrokan di perbatasan India-Cina telah dirasakan dampaknya oleh beberapa pihak, terutama bagi pengguna smartphone yang menggunakan aplikasi dan game...

Vivo X50 Segera Meluncur di Indonesia, Yuk Intip Kelebihannya

Technologue.id, Jakarta - Vivo segera menghadirkan jajaran X50 Series ke Indonesia. Ponsel yang mengunggulkan kemampuan fotografinya ini dipastikan akan mendarat di Tanah...

Karyawan Masuk Kantor, Aplikasi Ini Mampu Deteksi Jarak Aman dan Face Mask

Technologue.id, Jakarta - Platform payroll digital, Catapa, meluncurkan produk baru CatapaAtOffice untuk menciptakan produktivitas dengan rasa aman dan nyaman untuk karyawan sekaligus...

Smartphone Nokia 1 2018 Kebagian Android 10 Go Edition

Technologue.id, Jakarta - Sejak awal diluncurkan hingga saat ini, perangkat Android yang sudah bisa mencicipi sistem operasi Android 10 umumnya berasal dari...

Related Stories