Review vivo V21 5G: Kamera Mumpuni, Konektivitas 5G

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Akhir tahun 2020 lalu, vivo sempat meluncurkan V20 sebagai alternatif pilihan bagi para pecinta fotografi mobile dan diposisikan sebagai versi ekonomis dari vivo X50. Dan kini, mereka meng-upgrade vivo V20 menjadi V21 5G untuk bisa beradaptasi dengan konektivitas 5G.

Perubahan yang signifikan terjadi pada chipset yang digunakannya. Untuk V21 5G, vivo mengandalkan chipset MediaTek MT6853 Dimensity 800U agar mendukung jaringan 5G. Chipset ini juga menggunakan prosesor octa-core dan GPU Mali-G57 MC3 untuk mendukung kinerjanya.

Sedangkan komposisi kameranya, pada sisi belakangnya terdapat tiga buah lensa kamera, yakni 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide) dan 2 MP (macro). Sementara pada sisi depannya ada lensa 44 MP (wide). Apalagi keistimewaan vivo V21 5G? Berikut review vivo V21 5G selengkapnya.

Kelengkapan

Kelengkapan vivo V21 5G
Kelengkapan vivo V21 5G



Berikut paket penjualan vivo V21 5G selengkapnya.

Unit vivo V21 5G
Kabel data USB-C
Headset
Charger
Manual
Pin Ejector
Soft Case

Mengadopsi Desain dari Pendahulunya

vivo V21 5G
vivo V21 5G



Dengan tebal bodi yang kurang lebih sama dengan vivo V20, seri V21 5G ini pun memiliki nuansa desain yang sama, yakni mewah dan elegan. Hal tersebut terlihat dari penggunaan layar yang memiliki bezelnya yang tipis dan penggunaan lapisan film matte pada bagian belakangnya.

Untuk tata letak tombol fisik dan port, vivo masih meletakkan tombol power, volume up dan volume down pada sisi kanan. Sedangkan untuk melakukan navigasi, ada tiga tombol virtual pada sisi bawahnya, yakni Menu, Home, dan Back. Selain untuk kembali ke tampilan Home, tombol Home juga bisa digunakan untuk mengakses assisten digital.

vivo V21 5G
vivo V21 5G



Agar bisa membuat rasio layar terhadap bodi lebih optimal, vivo V21 5G menggunakan layar berponi tipis pada bagian tengah layar untuk meletakkan kamera beserta tombol navigasi pada smartphone yang berjenis virtual. Ini artinya, tombol back dan home pada sisi depan hanya akan terlihat jika smartphone dalam kondisi menyala.

Untuk pertukaran data dan pengisian baterai, vivo V21 5G menggunakan port USB-C yang terletak pada sisi bawah. Tepat di samping port tersebut, ada lubang speaker yang mampu mengeluarkan suara yang cukup lantang.

vivo V21 5G
vivo V21 5G



Dikarenakan mengusung desain unibodi, untuk bisa mengakses dua buah slot SIM card, vivo menyediakan sebuah lubang kecil pada sisi bawah yang bisa ditusuk dengan pin ejector. Selain itu, salah satu slot SIM card tersebut juga bisa difungsikan sebagai slot microSD sebagai memori eksternal tambahan.

Untuk kebutuhan multimedia, ada tiga buah kamera belakang yang masing-masing berresolusi 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), dan 2 MP (macro). Agar bisa menghasilkan gambar yang maksimal saat kondisi rendah cahaya, kamera belakang juga dilengkapi dengan lampu LED.

vivo V21 5G
vivo V21 5G


Dengan ketebalannya bodinya yang mencapai 7,3 mm dan ukuran layar 6,4 inci beresolusi 1.080 x 2.400 piksel, vivo V21 5G cukup nyaman saat digenggam dengan satu tangan. Dimensi keseluruhannya sendiri adalah 159,7 x 73,9 mm.

Tiga Buah Kamera Beresolusi Tinggi

Kamera vivo V21 5G
Kamera vivo V21 5G



Untuk menangkap hasil foto, vivo V21 5G mengusung komposisi bukaan f/1,8 pada lensa kamera wide 64 MP, 8 MP ultrawide dengan bukaan f/2,2, dan 2 MP macro dengan bukaan f/2,4. Ketiganya cukup ampuh untuk mengoptimalkan hasil foto pada berbagai objek. Hal tersebut juga terasa pada saat pengambilan foto makro.

Aplikasi Kamera vivo V21 5G
Aplikasi Kamera vivo V21 5G



Ketika diuji untuk memotret pada kondisi cahaya normal kamera vivo V21 5G mampu menghasilkan warna yang tajam serta komposisi warna yang pas. Objek-objek kecil yang tampil pada sekitar viewfinder pun terlihat memuaskan. Sementara saat digunakan pada kondisi cahaya yang agak gelap tanpa lampu flash, noise yang dihasilkan dari kamera belakangnya masih dapat dikontrol.

Aplikasi Kamera vivo V21 5G
Aplikasi Kamera vivo V21 5G



Sementara untuk mode kameranya sendiri, aplikasi bawaan vivo fitur yang cukup lengkap, di antaranya adalah Night, Portrait, Photo, Video, Panorama, Live Photo, Slo-mo, Time-lapse, Pro, AR Sticker, High Resolution, dan Doc. Pada mode Pro sendiri, pengguna bisa mengutak-atik konfigurasi Exposure, ISO, Shutter Speed, White Balance, dan Auto Focus.

Aplikasi Kamera vivo V21 5G
Aplikasi Kamera vivo V21 5G



Gunakan Funtouch OS dan Android 11

vivo V21 5G
vivo V21 5G



Layaknya smartphone vivo lainnya, vivo masih mempertahankan User Interface yang sama, yakni Funtouch OS. Namun kali ini, mereka tak ketinggalan untuk menggunakan sistem operasi terbaru buatan Google, yakni Android 11. Tak cuma itu, tampilan layarnya pun terlihat bening dan tajam. Hal tersebut bisa diwujudkan berkat penggunaan spesifikasi yang tinggi dari sisi chipset maupun layar, yakni modul layar AMOLED berresolusi 1.080 x 2.400 dengan refresh rate 90Hz.

Seperti smartphone Android pada umumnya, Funtouch OS 11 ini menggunakan tiga buah tombol virtual sebagai navigasi, seperti menu, home, dan back. Menu digunakan sebagai task manager dan melihat aplikasi mana saja yang terbuka, home untuk kembali ke tampilan semula, sedangkan back untuk kembali ke tampilan sebelumnya.

Interface vivo V21 5G
Interface vivo V21 5G



Sementara untuk penempatan aplikasinya, secara default, vivo V20 dilengkapi dengan app drawer sehingga seluruh aplikasi yang ada bisa disembunyikan dari layar Home.

Selain menyertakan berbagai aplikasi bawaan dari Google, seperti Gmail, Google Maps, YouTube, Google Drive, dan Google Play Music, smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi tambahan, seperti iManager, V-Appstore dan lain-lain.

Aplikasi iManager sendiri berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sistem, beberapa fitur di antaranya adalah membersihkan file yang tidak perlu, penghemat penggunaan daya baterai, serta sebagai pendeteksi virus dan malware.

Sematkan Chipset 5G Buatan MediaTek

vivo V21 5G
vivo V21 5G



Sebagai kelas menengah ke atas, vivo V21 5G cukup memerhatian kinerja sistem secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari penggunaan Funtouch OS 11 yang berbasis sistem operasi terbaru, Android 11 beserta chipset octa-core kelas menengah atas MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G.

Soal performa, vivo V21 5G terbilang mumpuni untuk kebutuhan multimedia kelas menengah ke atas. Di sisi lain, hal itu juga ditunjang dengan kapasitas RAM yang cukup besar, yakni 8 GB.

MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G sendiri dibekali dengan dua cluster prosesor yang berbeda, yakni dual-core Cortex-A76 berkecepatan 2,4 GHz dan hexa-core Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Sementara untuk pemroses grafisnya, ada Mali-G57 MC3. Dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini pun mampu memainkan game 3D dengan cukup lancar pada konfigurasi Medium to High.

CPU-Z vivo V21 5G
CPU-Z vivo V21 5G



Untuk mencoba kemampuannya saat diajak bermain game, Technologue menjalankan game Fortnite dan Asphalt 9: Legends pada konfigurasi Medium. Hasilnya, game tersebut mampu berjalan tanpa tersedat-sendat.

Di sisi lain, kemampuan multimedianya pun terbilang sudah cukup memuaskan. Menonton film, membuat video, dan mendengarkan musik terasa sangat lancar. Begitu juga untuk kemampuan multitasking, smartphone ini mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan mulus. Contohnya saja, WhatsApp, Google Chrome, dan beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Berikut beberapa hasil pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu, Geekbench dan PCMark.

Benchmark vivo V21 5G
Benchmark vivo V21 5G


Kesimpulan

vivo V21 5G
vivo V21 5G



Sebagai versi upgrade dari vivo V20, vivo V21 5G secara keseluruhan tak membawa banyak perubahan. Hanya saja, penggunaan chipset yang baru dengan konektivitas 5G, mengizinkan penggunanya untuk bisa mencicipi jaringan 5G yang belakangan ini sudah mulai diuji coba oleh beberapa operator telekomunikasi.

Komposisi kameranya pun kurang lebih masih sama, yakni lensa wide 64 MP, 8 MP ultrawide dan 2 MP depth sensor untuk sisi belakang. Dengan begitu, smartphone ini sudah cukup mampu menghasilkan foto yang memuaskan dikelasnya. Mode untuk pengambilan gambarnya pun cukup beragam.

Satu-satunya hal yang tampak berbeda adalah absennya jack audio 3,5mm yang sebelumnya ada di vivo V20. Meski begitu, hal tersebut bukanlah masalah yang besar bagi para pengguna yang sudah beralih ke headset nirkabel berbasis bluetooth seperti TWS.

Spesifikasi

vivo V21 5G
vivo V21 5G


Jaringan: 2G / 3G / 4G / 5G
Dimensi: 159,7 x 73,9 x 7,3 mm
Bobot: 176 gram
Sistem Operasi: Android 11
Ukuran Layar: 6,44 inci
Jenis Layar: AMOLED 90Hz
Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 piksel
Kerapatan Layar: ~409 ppi
Kamera Depan: 44 MP

Kamera Belakang:
64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 120˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)

Chipset: MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G (7 nm)
Prosesor: Octa-core (2 x 2,4 GHz Cortex-A76 & 6 x 2 GHz Cortex-A55)
GPU: Mali-G57 MC3
Kapasitas RAM: 8 GB
Memori Internal: 128 GB
Memori Eksternal: microSD
Kapasitas Baterai: 4.000 mAh
PIlihan Warna: Dusk Blue, Sunset Dazzle, Arctic White

- Advertisement -

Latest News

Related Stories