Review Xiaomi Mi 10 5G: Flagship Menawan, Kamera Memukau

Technologue.id, Jakarta – Memasuki tahun 2020, smartphone flagship masih berlomba-lomba untuk bisa menghadirkan fitur kamera terbaik. Tak terkecuali dengan Xiaomi Mi 10 5G. Dengan embel-embel 5G, Xiaomi pun tak mau ketinggalan untuk menggunakan chipset flagship terbaru yang sudah mendukung konektivitas 5G.

Dengan mengusung chipset octa-core Snapdragon 865, Mi 10 5G mencoba menyajikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya. Terlebih, ia juga dibekali dengan layar 6,67 inci Super AMOLED dengan resolusi 1.080 x 2.340 sehingga transisi antarmukanya terasa begitu halus.

Sedangkan untuk fitur kameranya, Xiaomi menyematkan empat buah lensa kamera pada sisi belakangnya, yakni 108 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth). Tak ketinggalan, ada juga dual-tone flash pada sisi belakang untuk menghasilkan jepretan terbaik saat kondisi cahaya rendah. Apa lagi fitur menarik yang dimilikinya? Berikut review Xiaomi Mi 10 5G selengkapnya.

Kelengkapan

Kelengkapan Xiaomi Mi 10 5G
Kelengkapan Xiaomi Mi 10 5G


Berikut paket penjualan Xiaomi Mi 10 5G selengkapnya.

Unit Xiaomi Mi 10 5G
Kabel USB-C
Travel Power Adapter
Pin Ejector
Soft Case
USB-C to Jack Audio 3.5mm
Panduan Pengguna

Bodi Kinclong dan Layar Lengkung

Xiaomi Mi 10 5G
Xiaomi Mi 10 5G


Sebagai sebuah smartphone flagship, desain bodi Mi 10 5G cukup impresif. Hal ini terlihat dari penggunaan material polycarbonate pada sisi belakangnya dan dilapisi dengan cat glossy sehingga menampilkan efek cermin yang elegan. Meski tak menggunakan material kaca, bodi dan rangka smartphone ini tetap terasa kokoh.

Xiaomi Mi 10 5G
Xiaomi Mi 10 5G



Hal lain yang membuatnya terasa premium adalah penggunaan layar Super AMOLED yang melengkung pada sisi kiri dan kanannya sehingga bezelnya pun terasa tipis dan terlihat nyaman di mata. Selain itu, Mi 10 5G juga menggunakan desain punch hole pada kamera depannya.

Xiaomi Mi 10 5G
Xiaomi Mi 10 5G



Soal tata letak tombol fisik dan port, masih sama seperti smartphone Xiaomi lainnya, yakni tombol power, volume up dan volume down pada sisi kanan. Agar bisa membuat rasio layar terhadap bodi semakin lebar, Xiaomi tidak menyertakan tombol navigasi berjenis kapasitif, melainkan virtual. Ini artinya, tombol menu, back, dan home pada sisi depan hanya akan terlihat jika smartphone dalam kondisi menyala.

Untuk pertukaran data dan pengisian baterai, Xiaomi Mi 10 5G menggunakan port USB-C yang terletak pada sisi bawah. Tepat di samping port tersebut, ada lubang speaker yang mampu mengeluarkan suara yang cukup lantang baik di sisi bawah maupun sisi atas. Kali ini, Xiaomi tidak menyertakan jack audio 3,5 mm. Sebagai gantinya, mereka menyertakan kabel USB-C to jack audio 3,5 mm pada paket penjualannya.

Xiaomi Mi 10 5G
Xiaomi Mi 10 5G


Dikarenakan mengusung desain unibodi, untuk bisa mengakses slot SIM card, Xiaomi menyediakan sebuah lubang kecil pada sisi bawah yang bisa ditusuk dengan pin ejector. Sayangnya, smartphone ini tidak memiliki slot microSD.

Untuk kebutuhan multimedia, ada empat buah kamera belakang yang masing-masing berresolusi 108 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth sensor). Sementara untuk kamera depan, Xiaomi menggunakan lensa kamera beresolusi 20 MP. Agar bisa menghasilkan gambar yang maksimal saat kondisi rendah cahaya, kamera belakang juga dilengkapi dengan lampu LED dual-tone.

Xiaomi Mi 10 5G
Xiaomi Mi 10 5G



Dengan ketebalan bodinya yang mencapai 9 mm dan ukuran layar 6,67 inci beresolusi 1.080 x 2.340 piksel, Xiaomi Mi 10 5G cukup nyaman untuk digenggam dengan dua tangan. Dimensi keseluruhannya sendiri adalah 162,5 x 74,8 mm.

Komposisi Kamera yang Lengkap

Kamera Xiaomi Mi 10 5G
Kamera Xiaomi Mi 10 5G


Mengandalkan empat buah kamera yang berbeda pada sisi belakang, membuat Xiaomi Mi 10 5G ini memiliki hasil jepretan yang memuaskan pada kondisi cahaya normal dan rendah. Kombinasi antara kamera 108 MP f/1,7 (wide), 13 MP f/2,4 (ultrawide), 2 MP f/2,4 (macro), dan 2 MP f/2,4 (depth sensor) pada smartphone ini pun dapat bekerja dengan optimal.

Aplikasi Kamera Xiaomi Mi 10 5G
Aplikasi Kamera Xiaomi Mi 10 5G


Dengan komposisi yang lengkap, hasil foto pada berbagai objek pun bisa lebih optimal. Hal tersebut juga terasa pada saat pengambilan foto bokeh. Terlebih, kamera tersebut juga dilengkapi dengan fitur Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi objek foto dengan lebih baik.

Aplikasi Kamera Xiaomi Mi 10 5G
Aplikasi Kamera Xiaomi Mi 10 5G


Ketika diuji untuk memotret pada kondisi cahaya normal kamera Xiaomi Mi 10 5G mampu menghasilkan warna yang natural dan tajam. Sementara saat digunakan pada kondisi cahaya yang agak gelap tanpa lampu flash, kamera belakangnya dapat menghasilkan noise yang cukup rendah.

Aplikasi Kamera Xiaomi Mi 10 5G
Aplikasi Kamera Xiaomi Mi 10 5G



Jika masih ingin mengutak-atik hasil gambar yang akan dijepret, Xiaomi Mi 10 5G juga menyediakan mode Pro pada aplikasi kamera bawaannya. Beberapa konfigurasi yang bisa dimainkan di antaranya adalah White Balance, Focus, Shutter Speed, ISO, Exposure, dan Lens.

Aplikasi Kamera Xiaomi Mi 10 5G
Aplikasi Kamera Xiaomi Mi 10 5G



Contoh Foto



Aplikasi dan Antarmuka

Xiaomi Mi 10 5G
Xiaomi Mi 10 5G



Sebagai salah satu smartphone terbaru Xiaomi pada tahun 2020, Mi 10 5G datang dengan menggunakan interface terbaru, MIUI 12. Tak cuma tampilannya yang semakin nyaman di mata, dengan berbasis Android 10, transisi antar menunya pun lebih fluid dan nyaman.

Masih seperti sebelum-sebelumnya, Xiaomi tidak menyertakan app drawer sehingga antarmukanya terasa lebih sederhana. Hanya saja, seluruh aplikasi yang ada akan menumpuk pada tampilan layar depan. Meski begitu, agar terlihat rapi, pengguna diizinkan untuk membuat beberapa folder baru.

Antarmuka Xiaomi Mi 10 5G
Antarmuka Xiaomi Mi 10 5G



Selain menyertakan berbagai aplikasi bawaan dari Google, seperti Gmail, Google Maps, YouTube, Google Drive, dan Google Play Music, smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi tambahan, seperti Mi Store, Cleaner, Mi Community, Security, dan lain-lain.

Untuk mengoptimalkan kinerja sistem, Xiaomi menyematkan aplikasi Security yang memiliki sejumlah fungsi, di antaranya adalah membersihkan file yang tidak perlu, penghemat penggunaan daya baterai, serta sebagai pendeteksi virus dan malware.

Chipset Flagship dan Android 10

Xiaomi Mi 10 5G
Xiaomi Mi 10 5G


Dengan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 dan Android 10, performa Mi 10 5G sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan multimedia kelas atas. Di sisi lain, hal itu juga ditunjang dengan kapasitas RAM yang sangat lega, yakni 8 GB.

Chipset Qualcomm Snapdragon 865 sendiri dibekali dengan tiga buah cluster prosesor, yakni single-core 2,84 GHz Kryo 585, triple-core 2,42 GHz Kryo 585 dan quad-core 1,80 GHz Kryo 585. Tak cuma itu, ia juga memiliki pemroses grafis Adreno 650. Dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini pun mampu memainkan game 3D dengan cukup lancar pada konfigurasi High.

Untuk mencoba kemampuannya saat diajak bermain game, Technologue menjalankan game Asphalt 8: Airborne pada konfigurasi High. Hasilnya, game tersebut mampu berjalan tanpa tersedat-sendat.

CPU-Z Xiaomi Mi 10 5G
CPU-Z Xiaomi Mi 10 5G



Di sisi lain, kemampuan multimedianya pun terbilang sangat memuaskan. Menonton film, membuat video, dan mendengarkan musik terasa sangat lancar. Begitu juga untuk kemampuan multitasking, smartphone ini mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan mulus. Contohnya saja, WhatsApp, Google Chrome, dan beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Berikut beberapa hasil pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu, Geekbench dan PCMark.

Benchmark Xiaomi Mi 10 5G
Benchmark Xiaomi Mi 10 5G


Kesimpulan

Xiaomi Mi 10 5G
Xiaomi Mi 10 5G


Sebagai smartphone flagship, Xiaomi Mi 10 5G memiliki sejumlah fitur yang impresif. Layar lebar yang melengkung pada sisi kiri dan kanan dengan refresh rate 90 Hz, desain bodi yang kokoh, memori internal yang besar, kapasitas baterai yang besar yakni 4.780 mAh dan komposisi kamera yang lengkap.

Dari sisi kamera, empat buah lensa kamera yang terdiri dari 108 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth sensor) yang terpasang di belakang bodi mampu menghasilkan foto yang cukup baik dalam kondisi pencahayaan normal maupun rendah. Agar bisa menghasilkan gambar yang maksimal saat kondisi rendah cahaya, kamera belakang juga dilengkapi dengan lampu LED dual-tone.

Tak cuma sebatas itu, dari sisi performa juga ditunjang dengan hadirnya chipset octa-core flagship Snapdragon 865 dan RAM 8 GB. Hal ini membuatnya bisa membuka aplikasi atau pun berbagai game berat dengan lancar tanpa kendala.

Spesifikasi

Xiaomi Mi 10 5G
Xiaomi Mi 10 5G



Jaringan: 2G / 3G / 4G / 5G
Dimensi: 162,5 x 74,8 x 9 mm
Bobot: 208 gram
Sistem Operasi: Android 10
Ukuran Layar: 6,67 inci
Jenis Layar: Super AMOLED
Resolusi Layar: 1.080 x 2.340 piksel
Kerapatan Layar: ~386 ppi
Kamera Depan: 20 MP

Kamera Belakang:
108 MP, f/1.7, (wide), 1/1.33″, 0.8┬Ám, PDAF, OIS
13 MP, f/2.4, 12mm (ultrawide)
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)

Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865
Prosesor: Octa-core (1 x 2,84 GHz Kryo 585 & 3 x 2,42 GHz Kryo 585 & 4 x 1,80 GHz Kryo 585)
GPU: Adreno 650
Kapasitas RAM: 8 GB
Memori Internal: 256 GB
Memori Eksternal: microSDXC
Kapasitas Baterai: 4.780 mAh
PIlihan Warna: Coral Green, Twilight Grey, Peach Gold

Latest News

Bisnis Hotel OYO Kunjung Membaik

Technologue.id, Jakarta - Jaringan hotel murah OYO terus memperkuat pondasi dan ekosistem bisnisnya di Indonesia, meski di tengah pandemi COVID-19.

Empat Karakter Terbaik di Game Genshin Impact

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact adalah game ARPG open world yang dibuat dan diterbitkan oleh miHoYo tanggal 28 September 2020. Game ini...

Sekarang Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung di Google

Technologue.id, Jakarta - Fitur bernama "Hum to search" baru saja diluncurkan Google. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari lagu dengan cara yang unik,...

Punya Banyak Inovasi, Tokopedia iOS Diapresiasi Apple

Technologue.id, Jakarta - Agar bisa penuhi kebutuhan harian, Tokopedia, terus hadirkan deretan inovasi digital kepada masyarakat, termasuk untuk pengguna iOS.

Free Fire Red Bull Gold League Resmi Dimulai, Bakal Adu 18 Tim Terbaik

Technologue.id, Jakarta - Setelah sukses bikin turnamen Red Bull Gold Cup season 1 dan 2, Red Bull Gold kini bikin liga eSport...

Related Stories