Review Xiaomi Mi Smart Band 5: Murah Meriah, Fitur Makin Lengkap

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Selain lini smartphone, yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta gadget tanah air setiap tahunnya dari perangkat keluaran Xiaomi adalah smartband-nya. Bagaimana tidak, dengan harga kurang dari Rp500.000, hampir setiap tahunnya Xiaomi terus memperbaharui lini smartband Mi Band miliknya.

Pertengahan tahun 2020 ini, lini Mi Smart Band pun memasuki generasi kelima. Ada beberapa hal yang cukup impresif yang menjadi fitur utama pada smartband ini. Salah satunya adalah sebagai tombol shutter untuk kamera ketika terkoneksi dengan bluetooth.

Meski begitu, beberapa fitur kesehatan yang sudah ada digenerasi sebelumnya tidak dihilangkan, seperti sensor pendeteksi detak jantung, pendeteksi kadar oksigen dalam darah, sleeptracker, pendeteksi langkah, kalori, waktu berolahraga, dan seberapa jauh langkah yang tempuh setiap harinya. Apalagi fitur menarik lainnya? Berikut review selengkapnya.

Kelengkapan

Kelengkapan Xiaomi Mi Smart Band 5
Kelengkapan Xiaomi Mi Smart Band 5



Berikut paket penjualan Xiaomi Smart Band 5 selengkapnya.

Unit Xiaomi Smart Band 5
Manual
Charging Cable

Tak Perlu Copot Tali Saat Isi Baterai

Xiaomi Mi Smart Band 5
Xiaomi Mi Smart Band 5



Hingga saat ini, masih ada banyak smartband yang harus mencopot tali pada saat membutuhkan pengisian baterai. Beberapa di antaranya memang sudah tak lagi butuh docking lantaran konektor USB-nya sudah menjadi satu kesatuan pada bodi smartband. Namun tetap saja, butuh membuka talinya. Tapi pada Xiaomi Mi Smart Band 5 ini, pengguna tak perlu melakukan hal tersebut.

Hal itu bisa dilakukan lantaran pada bodi belakangnya terdapat dua buah pin konektor yang bisa langsung dihubungkan dengan kabel pengisi daya khusus untuk Mi Smart Band 5 dan bisa langsung terhubung dengan port USB Type-A pada umumnya. Sebenarnya desain ini pertama kali hadir pada Mi Smart Band 4.

Seperti kebanyakan smartband pada umumnya, Mi Smart Band 5 dibekali sebuah layar kecil berukuran 1,1 inci. Agar bisa menampilkan gambar berwarna Xiaomi menggunakan modul AMOLED touchscreen beresolusi 126 x 29 piksel. Desain dari layar tersebut juga sengaja dibuat sedikit melengkung guna menyesuaikan anatomi pergelangan tangan sehingga nyaman saat digunakan.

Xiaomi Mi Smart Band 5
Xiaomi Mi Smart Band 5



Untuk menyangga pergelangan tangan, Mi Smart Band 5 mengusung tali berbahan karet. Karet tersebut pun cukup tebal sehingga kokoh dan tak mudah putus. Untuk mengencangkannya, tersedia beberapa titik lubang pada tali sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran tangan.

Sementara untuk melakukan navigasi, Xiaomi hanya menyediakan satu buah tombol kapasitif pada bagian bawah. Tombol ini berfungsi untuk mengembalikan tampilan layar ke menu home. Selebihnya, pengguna bisa melakukan navigasi dengan cara menggeser dan menekan layar touchscreen.

Xiaomi Mi Smart Band 5
Xiaomi Mi Smart Band 5



Beralih ke sisi bawah, tepat ditengahnya terdapat sensor heart rate yang berguna untuk mengukur seberapa cepat detak jantung dari pengguna. Agar bisa bekerja dengan akurat, sensor tersebut langsung bersentuhan dengan pergelangan tangan ketika Xiaomi Mi Smart Band 5 digunakan.

Secara keseluruhan, Xiaomi Mi Smart Band 5 sendiri memiliki dimensi
46,95 × 18,15 × 12,45 mm.

Terhubung dengan Aplikasi Mi Fit

Aplikasi Mi Fit
Aplikasi Mi Fit



Setelah membeli sebuah perangkat, semua orang tentunya ingin mendapatkan dukungan penuh dari sisi software, termasuk untuk Xiaomi Mi Smart Band 5 ini. Dan untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, Xiaomi sudah menyediakan aplikasi Mi Fit yang selama ini digunakan untuk menghubungkan seluruh perangkat wearable buatan Xiaomi.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan aplikasi Mi Fit. Selain bisa untuk menghubungkan antara perangkat Mi Smart Band 5 dengan smartphone berbasis Android ataupun iOS, aplikasi ini juga bisa melakukan pembaharuan firmware secara otomatis. Dan tak cuma itu, pengguna juga bisa melakukan beberapa kostumisasi untuk smartband yang satu ini.

Aplikasi Mi Fit
Aplikasi Mi Fit



Melalui aplikasi Mi Fit, pengguna bisa terhubung dengan Mi Store yang berisi berbagai macam watch face untuk mengubah tampilan utama Mi Smart Band 5. Fitur lainnya, ada juga kostumisasi unlock screen, incoming call, event reminder, alarm, app alerts, dan idle alert.

Fitur find band juga ada untuk berjaga-jaga jika pengguna lupa meletakkan dimana smartband. Melalui fitur tersebut, smartband akan bergetar untuk memberikan sebuah notifikasi. Kostumisasi lainnya adalah, penggunaan monitoring detak jantung yang bisa diaktifkan untuk selalu standby.

Punya Fitur Kesehatan yang Lengkap

Tampilan Xiaomi Mi Smart Band 5
Tampilan Xiaomi Mi Smart Band 5


Dirancang untuk menemani penggunanya saat berolahraga, Xiaomi Mi Smart Band 5 punya aplikasi penunjang kesehatan yang cukup lengkap. Beberapa di antaranya adalah Stopwatch, Timer, Heart Rate, Workout, Messages, Sleep tracker dan Music Player.

Tak cuma sebatas itu, ada juga opsi breathing untuk melakukan latihan pernafasan sebelum ataupun sesudah olahraga. Dan opsi stress untuk mengukur seberapa tinggi tingkat stress si pengguna pada saat itu. Dan untuk memantau kegiatan harian yang sudah dilakukan, pengguna bisa melihat laporannya melalui menu status.

Tampilan Xiaomi Mi Smart Band 5
Tampilan Xiaomi Mi Smart Band 5



Ketika terhubung dengan smartphone, aplikasi music player pada Mi Smart Band 5 bisa digunakan untuk mengontrol musik yang sedang diputar pada smartphone. Misalnya, untuk play/pause, next track, ataupun previous track.

Untuk workout, pengguna bisa memilih berbagai jenis latihan, seperti outdoor run, treadmill, cycling, indoor cycling, walking, elliptical, rowing machine, yoga, jump rope, pool swimming, dan freestyle.

Tampilan Xiaomi Mi Smart Band 5
Tampilan Xiaomi Mi Smart Band 5



Jika ingin memantau kondisi jantung tetap dalam kondisi normal saat latihan berlangsung, Anda bisa membuka aplikasi Heart Rate. Selain itu, ada juga menu status yang menunjukkan apa saja yang Anda lakukan selama seharian, berapa kalori yang sudah dibakar, dan lain-lain.

Baterai Tahan Lama

Xiaomi Mi Smart Band 5
Xiaomi Mi Smart Band 5



Layar adalah salah satu komponen yang paling banyak menghabiskan daya baterai. Oleh karenanya, walaupun baterainya hanya 125 mAh, layarnya yang hanya berukuran 1,1 inci dan tak selalu menyala bisa membuat daya tahan baterainya cukup lama.

Ketika Technologue mencoba memakainya untuk aktifitas sehari-hari, baterainya bisa bertahan sekitar 10-14 hari dalam satu kali pengisian baterai. Hal ini bergantung pada seberapa sering layarnya menyala dan banyaknya aktivitas yang dilakukan dalam seharian. Pasalnya, semakin banyak aktivitas yang dilakukan, semakin sering sensor-sensor yang ada pada Mi Smart Band 5 akan bekerja.

Banyaknya notifikasi yang masuk juga menjadi salah satu faktor penting yang menentukan seberapa lama baterai busa bertahan. Semakin banyak aplikasi yang memberikan notifikasi, baterai akan semakin boros.

Kesimpulan

Xiaomi Mi Smart Band 5
Xiaomi Mi Smart Band 5



Memasuki generasi kelima, Xiaomi masih bisa melakukan inovasi yang cukup berarti pada lini Mi Smart Band-nya. Hal tersebut terlihat dari beberapa fitur baru yang ada pada smartband tersebut, seperti baterai yang lebih besar dan layar yang lebih lebar.

Meski memberikan tambahan fitur dari generasi sebelumnya, Xiaomi tetap mampu menjual Mi Smart Band 5 ini dengan harga di bawah Rp500 ribu. Dan ini menjadi hal yang menarik berkat adanya fitur fitness yang cukup lengkap, mulai dari Stopwatch, Timer, Heart Rate, Workout, Messages, Sleep tracker dan Music Player. Semua fitur tersebut bisa menemani aktivitas olahraga menjadi lebih menyenangkan.

Di sisi lain, kompatibilitas smartband ini dengan smartphone pun terbilang sangat baik. Pasalnya, aplikasi Mi Fit yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store membuatnya mampu disinkronisasikan dengan berbagai macam perangkat smartphone masa kini.

Spesifikasi

Layar: 1,1 inci (126 x 29)
Jenis Layar: AMOLED
Sensor: 6-axis sensor: Low power-consumption 3-axis accelerometer and 3-axis gyroscope ; PPG heart rate sensor ; Digital MEMS microphone
Kapasitas Baterai: 125 mAh
Lama Waktu Pemakaian: 14 hari
Perangkat yang Didukung: Minimal Android 5.0 atau iOS 10.0

- Advertisement -

Latest News

Related Stories