Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Ribuan Aplikasi Android untuk Anak-anak Langgar Aturan Privasi
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Tak cuma orang dewasa, saat ini perangkat Android juga digunakan oleh anak-anak untuk bermain maupun belajar. Namun siapa sangka, masih banyak aplikasi yang ternyata melanggar privasi penggunanya. Mengutip dari TheVerge.com (16/04/2018), baru-baru ini ada sebuah studi berjudul "Proceedings on Privacy Enhancing Technologies" yang menemukan bahwa lebih dari setengah aplikasi Android di dunia yang tujukan untuk anak-anak di bawah 13 tahun berpotensi untuk melanggar standar yang sudah ditetapkan oleh lembaga Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA).

Baca juga:

Facebook Bisa Rekam Pembicaraan Telepon Anda? Ini Respons Zuckerberg

Studi yang digawangi oleh sejumlah peneliti asal University of California, Berkeley tersebut menjelaskan bahwa aplikasi-aplikasi yang mereka temukan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan membagikan data user ke pihak yang tidak berwenang. Bahkan, mereka juga mencatat kalau aplikasi yang masuk ke dalam golongan program Designed for Families buatan Google, yang seharusnya lebih aman, juga bermasalah.

Baca juga:

Jutaan Perangkat Android Ditarget Malware Crypto-mining

Untuk bisa mendapatkan kesimpulan tersebut, studi dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 5.855 aplikasi Android untuk anak-anak. Dan dari situ, terungkap jika hanya 4,8 persen aplikasi yang bebas dari pelanggaran karena tidak membagikan lokasi pengguna maupun informasi kontak pengguna.

Baca juga:

Menyusup di Konten Pornografi, Malware Ini Bisa Rusak Fisik HP Anda!

Sementara sisanya, 18 persen di antaranya membagikan identifikasi pengguna untuk kepentingan iklan, 40 persen membagikan informasi personal tanpa alasan yang jelas, dan 39 di antaranya membagikan berbagai informasi namun masih menjaga privasi anak-anak.

SHARE:

Transaksi Meningkat, Grab Perbarui Group Order

Ikuti X, Threads Akhirnya Punya Fitur Trending Now