Technologue.id, Jakarta – Sistem pembayaran memakai ponsel sedang berusaha diperluas penggunaannya oleh berbagai pihak penyedia layanan tersebut, operator seluler salah misalnya. Telkomsel yang menyediakan layanan sejenis lewat TCash melakukan ekspansi ke luar Jakarta.

Bandung dipilih Telkomsel untuk menyebarkan layanan TCash Tap. Cara bayar dengan teknologi Near Field Communication (NFC) ini bisa digunakan semua pelanggan Telkomsel dan semua jenis handphone.

Ekspansi layanan TCASH TAP dilakukan ke kota Bandung dengan menggandeng banyak merchant, serta mendapat dukungan penuh dari Bank Indonesia dan pemerintah setempat. Walikota Bandung Ridwan Kami ikut menyaksikan peluncuran Tcash Tap yang masuk di wilayahnya.

“Kehadiran layanan TCASH TAP di Bandung, diharapkan membuat layanan keuangan digital semakin diadopsi untuk mendukung gaya hidup masyarakat dalam bertransaksi secara non tunai dan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dengan layanan keuangan inklusif,” ujar Edward Ying, Direktur Planning & Transformation Telkomsel.

- Advertisement -

Edward pun menjelaskan layanan Tcash Tap di Bandung ini bukan hanya bukti usaha Telkomsel dalam mendukung terciptanya less-cash society di Bandung. Namun juga demi mendorong perkembangan UKM lokal melalui layanan pembayaran elektronik.

Ridwan Kamil menyambut perluasan cakupan Tcash Tap ke Bandung. Ia juga berterima kasih atas upaya Telkomsel mendigitalisasi bisnis dan wirausahawan UKM yang ada di Bandung melalui layanan keuangan digital.

“Kami berharap semakin banyak masyarakat Bandung yang menggunakan layanan digital untuk aktivitas sehari-hari dan dalam pengembangan selanjutnya diharapkan bisa mempermudah sistem pembayaran layanan publik,” ujar Walikota yang akrab disapa Kang Emil itu.

Bertepatan dengan peluncuran ini, Telkomsel pun memperkenalkan pertama kali di Indonesia, aplikasi pembayaran berbasis NFC di T-Wallet untuk smartphone android yang memiliki fitur NFC. Pengguna cukup mengunduh T-Wallet dari application store dan mengaktifkan fitur NFC Tcash Tap.

Saat ini Tcash Tap telah digunakan oleh lebih dari 500 ribu pengguna. Cara memakai layanan ini, aktifkan dan tempel sticker NFC Tcash ke ponsel, pelanggan dapat melakukan ‘TAP’ di mesin EDC NFC yang tersebar di outlet merchant. Transaksi TCASH pun sangat aman karena menggunakan PIN.