Riset Jakpat: Tokopedia Jadi E-commerce Paling User Friendly

Technologue.id, Jakarta – Tingginya penggunaan internet di Indonesia menyebabkan adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat, yang kini lebih cenderung menggunakan situs dan aplikasi belanja online.

Kebiasaan ini turut mempengaruhi pilihan metode belanja masyarakat selama bulan Ramadan kemarin. Kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai e-commerce di Indonesia menjadi salah faktor penarik terbesar.

Mengutip laporan Jakpat, Tokopedia menjadi e-commerce pilihan responden dengan penilaian tampilan terbaik.

Penilaian ini didasarkan pada kemudahan dalam pencarian produk, tampilan warna paling nyaman, serta menu tampilan presentasi produk yang paling mudah menurut responden.

Tampilan aplikasi Tokopedia yang minimalis memang memberi kemudahan tersendiri bagi penggunanya. Hal ini tentu mempengaruhi pengalaman pengguna saat mencari barang atau produk digital hingga melakukan pembayaran.

Dengan tampilan yang user friendly dan mudah dimengerti, tentunya akan membuat pengguna merasa betah berlama-lama menghabiskan lebih banyak waktu dan menggunakannya terus menerus.

Baca Juga:
Tokopedia Masuk Jajaran Perusahaan Teknologi dengan Pertumbuhan Tercepat se-Asia Tenggara

Tokopedia Raih Iklan Televisi Ramadan Terbaik

Selain menduduki posisi pertama sebagai aplikasi e-commerce yang paling nyaman digunakan, berdasarkan survei Jakpat, tayangan iklan Tokopedia Ramadan 2021 juga menduduki posisi pertama sebagai iklan favorit konsumen.

Menurut Jakpat Survey Report tentang Ramadan 2021 TVC Review, TVC WIB ‘Waktu Indonesia Belanja’ milik Tokopedia itu meraih skor tertinggi sebesar 81,5. Diikuti oleh iklan Mie Sedap sebesar 81,2. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh iklan Aqua Danone dengan perolehan skor 80,9.

Kriteria penilaian yang dihitung dari Jakpat Ads Index termasuk tingkat awareness, purchase intention (35%), overall likes (25%), keunikan (10%), kepercayaan (10%), dan relevansi.

Survei tersebut melibatkan 120 responden secara acak untuk masing-masing TVC dan disurvei di minggu terakhir bulan Ramadan lalu. Survei ini bertujuan untuk mengetahui respons dan ketertarikan penonton terhadap 20 iklan khusus produk dan jasa saat bulan Ramadan.

“2021 menandai tahun kedua Ramadan di tengah pandemi. Peraturan pemerintah memperketat perjalanan mudik untuk mengatasi kasus kenaikan kurva saat Idul Fitri. Dengan demikian, semakin banyak produk dan layanan yang menyesuaikan iklan mereka agar sesuai dengan situasi Ramadhan saat ini,” demikian bunyi keterangan dari Jakpat, yang dikutip Technologue.id, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga:
Riset Membuktikan, Tokopedia Jawara Pasar Marketplace di Indonesia

Selain 3 jawara di atas, adapun 17  brand lainnya  yang diikutsertakan dalam survei tersebut yang dibagi ke dalam berbagai kategori yaitu, e-Commerce (Tokopedia, Shopee, dan Lazada), Mie instan (Mie Sedaap, Indomie, dan Lemonilo), Provider telekomunikasi (Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL), On-demand Service (Grab dan Gojek), Air mineral (AQUA, Le Minerale, dan Vit), Biskuit atau snack (Oreo, Pocky, dan Roma), dan Teh kemasan (Frestea, Teh Pucuk Harum, dan Teh Sosro)

Selain Tokopedia, masih dalam laporan riset yang sama, dari kategori e-commerce, hasil riset Jakpat juga mengungkapkan bahwa marketplace Shopee dan Lazada juga masuk dalam Top 10 Ramadan TVC. Keduanya masing-masing berada di posisi 6 dan 8.