Riset Sea Insights: 70% UMKM Manfaatkan Media Digital

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pandemi virus Corona berhasil menggeser kebiasaan masyarakat termasuk dalam berbisnis. Bahkan menurut laporan Sea Insights, sekitar 70% pelaku UMKM mengaku akan memanfaatkan media digital.

Dalam pemaparan laporannya yang digelar secara online pada Kamis (2/7/2020), Pandu Patria Sjahrir selaku Presiden Komisaris Sea Group mengatakan 45% pelaku usaha muda mulai berjualan lebih aktif di platform e-commerce, yang mana 1 dari 5 diantara mereka adalah pengguna baru e-commerce.

Baca Juga:

Hadapi Pandemi, UMKM Dituntut Manfaatkan Platform Digital

Lebih lanjut Pandu menyebut para pelaku usaha ini meliputi market online yang beragam. Meliputi industri rumahan dan student entrepreneur yang membantu ekonomi keluarga, sektor retail, pertanian maupun kesehatan.

“Beberapa pelaku usaha juga mulai memproduksi barang yang tengah populer saat ini seperti masker dan juga hand sanitizer,” tambahnya.

Baca Juga:

Grab Luncurkan Program Bantu UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Tidak hanya pada pemanfaatan digital, pandu juga mengungkapkan bahwa pendapatan rata-rata UMKM Indonesia yang mengadopsi e-commerce mengalami peningkatan lebih dari 160%. Produktivitas juga disebut turut meningkat hingga 110%.

Pandu berharap laporan yang dipaparkan dapat membantu memberi gambaran jelas dan mempercepat langkah transformasi digital yang signifikan dan berkelanjutan bagi UMKM di Indonesia. Terutama agar terjadi kolaborasi di berbagai sektor yang tentunya juga perlu dukungan penuh dari pemerintah.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories