Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Riset Tunjukkan Tokopedia E-commerce Paling Direkomendasikan Pengguna
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - E-commerce menjadi bisnis yang menjanjikan seiring dengan perkembangan internet dan perangkat mobile. Di tengah pandemi ini, banyak pemain retail offline yang mulai menjajaki pasar online dengan membuat saluran khusus di marketplace besar.

Dari sekian banyak pemain e-commerce, baik lokal maupun asing yang menjalankan bisnis di Indonesia, siapa yang menduduki peringkat teratas? Berikut adalah laporan tentang e-commerce paling top yang dirilis IDN Times.

Berdasarkan survei dari IDN Times, 3 platform e-commerce yang paling direkomendasikan para konsumen adalah Tokopedia menduduki urutan pertama, disusul Shopee dan Lazada.

Pertimbangan mereka memilih tiga nama marketplace besar tersebut dipengaruhi oleh program promosi yang bikin konsumen makin loyal. Diantaranya free ongkir, cashback, kampanye tematik, hingga flash sale yang rutin dilakukan.

Baca Juga:
Hal Menarik di Tokopedia Sepanjang 2020

Lainnya, riset ini juga mengungkapkan bahwa pemain e-commerce turut mendukung industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bertahan di tengah pandemi. Berdasarkan hasil survei, Tokopedia berhasil menempati urutan pertama yang paling suportif mendukung UMKM. Diikuti Shopee dan Bukalapak.

Melalui platform yang dimiliki oleh Tokopedia dapat mendorong terciptanya peluang pasar baru dan pasar yang lebih luas bagi seluruh pelaku UMKM yang tergabung di Tokopedia.

Salah satu dukungan yang dilakukan e-commerce untuk para penjual, yaitu dasbor penjual yang canggih dan lengkap untuk mendapatkan wawasan perilaku konsumen. Dalam survei online yang dilakukan IDN Times, para penjual mengaku sangat terbantu dengan dasbor penjual yang mempermudah mereka melakukan analisis. Berdasarkan hasil survei, Tokopedia, Shopee, dan Lazada adalah platform e-commerce yang menduduki peringkat tertinggi.

Baca Juga:
FORWAT Gandeng Tokopedia dan BenihBaik.com Galang Dana untuk Jurnalis Terdampak Covid-19

Saat ini terjadi peningkatan tren konsumen yang semakin menggilai aplikasi belanja melalui smartphone mereka. Bagi penjual dan pembeli, tampilan visual yang nyaman dan mudah digunakan jadi salah satu pertimbangan penting. Soalnya, dengan tampilan visual yang simpel dan bersih membuat konsumen jadi nyaman saat berbelanja.

Hasil survei menyebutkan Tokopedia berada di urutan pertama e-commerce yang dinilai punya tampilan User Interface (UI) dan User Experience (UX), disusul dengan Bukalapak dan JD.ID

Tokopedia menggunakan desain yang minimalis. Hal tersebut menjadikan tampilannya menjadi sangat mudah dipahami meskipun digunakan oleh orang baru sekalipun.

SHARE:

Saingi BYD, Nissan Juga Kembangkan Baterai Mobil Listrik Berteknologi Canggih

Oppo Perkenalkan Model Google Gemini pada Smartphone AI