Robot Ini Bisa Bikin Bangunan dari Teknik 3D Printing

Technologue.id, Jakarta – Teknik pencetakan tiga dimensi atau 3D printing hingga saat ini terus dikembangkan. Hingga saat ini sudah banyak printer yang bisa mencetak berbagai objek sederhana, hingga sesuatu yang jauh lebih kompleks.

Dikutip dari NextPowerUp (30/04/17), ada sekumpulan mahasiswa asal Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang sudah berhasil memanfaatkan teknologi 3D printing untuk membuat sebuah bangunan.

Untuk bisa memanfaatkan teknologi 3D printing tersebut, lulusan Universitas teknik ternama asal Amerika Serikat itu menciptakan sebuah lengan robot yang cukup besar, lalu disematkan pada sebuah sumbu yang sudah dirancang khusus.

Setelah itu, lengan robot tersebutlah yang memproses perintah yang diberikan dari pengguna untuk membuat sebuah bangunan dengan menggunakan teknik 3D printing.

“Untuk proyek ini, kami merancang sistem robotik yang dapat digunakan secara mobile sehingga ia dapat dibawa dan digunakan langsung pada tempat proyek. Robot ini juga bisa mendapatkan dan menggali bahan apa saja yang dibutuhkan melalui teknik photovoltaics,” kata Steven Keating, seorang insinyur lulusan MIT yang terlibat dalam proyek tersebut.

Hingga saat ini, robot yang diciptakannya itu sudah bisa membuat bangunan berupa kubah (dome) dengan diameter 50 kaki dan tinggi 12 kaki hanya dalam waktu 14 jam.

 

Baca juga:

Rusia Ciptakan Robot yang Bisa Mengendarai Mobil, Berkelahi, dan Menembak

Robot Asisten Rumah Tangga LG Punya ‘Perasaan’ Sendiri!

Google Sudah Percaya Kalau Anda Bukan Robot

loading...