Robot Ini Mungkin Bakal Sepintar Profesor Einstein

Technologue.id, Jakarta – Kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan sebutan AI (Artificial Intelligent) terus dikembangkan dan mulai masuk ke ranah produk konsumer, tak terkecuali robot.

Sebuah perusahaan pengembang robot, Hanson Robotics berhasil menciptakan robot yang menyerupai Profesor Einstein yang memiliki emosi dan mampu mengerti jika diberikan perintah atau pertanyaan melalui suara.

The Verge (23/01/17) mengabarkan bahwa robot yang ditujukan sebagai produk konsumer itu memiliki tinggi 14,5 inci yang dilengkapi dengan beberapa mikrofon dan speaker. Dengan begitu, ia bisa mendengar dan menjawab berbagai pertanyaan pengguna, seperti seputar cuaca saat ini, orang-orang ternama, berbagai jenis makanan, bahkan sampai soal teori relativitas.

Agar bisa melihat situasi sekitar dan menengok, robot tersebut juga dibekali dengan sebuah kamera kecil yang diselipkan di dalam dasi. Adanya kamera ini juga membuatnya memiliki kemampuan untuk mendeteksi objek uang ada di sekitarnya.

Supaya lebih mudah lagi pada saat berinteraksi dengan robot Einstein, Hanson Robotics juga sudah membuatkan sebuah layar dan aplikasi interaktif yang dirancang khusus untuk bisa digunakan bersama dengan robot tersebut. Dengan begitu, ia bisa memutar sebuah video secara otomatis untuk menjawab dan menjelaskan apa yang ditanyakan oleh pengguna.

Tertarik memilikinya? Robot Einstein kini sudah tersedia secara pre-order melalui website Kickstarter. Untuk pembeli pertama, robot tersebut dibanderol seharga US$249. Setelah masa pre-order berakhir, Einstein bakal dijual dengan harga retail US$299.

Baca juga :
Tips Memilih Powerbank Berkualitas
Teknologi Baterai Gadget Lambat Berkembang, Apa Alasannya?
Canggih! Asus ZenPower Ultra Powerbank 20.100 mAh