Robot Penjaga Anak Ngamuk di Pameran

Robot Xiao Pang (Source: Mashable, Weibo)

Technologue.id, Jakarta – Dalam ajang pameran teknologi Hi-Tech Fair yang dilakasanakan di Shenzhen, China. Tanpa disadari robot yang turut serta dipamerkan malah mengamuk, menciderai pengunjung yang berada disana.

Dilansir Mashable, robot tersebut bernama Xiao Pang, robot lucu yang menggemaskan dibuat oleh perusahaan robotik Efrobot asal Tiongkok. Secara tidak langsung robot penjaga anak ngamuk hilang kendali di pameran yang dihadiri oleh 3000 pengunjung ini.

Salah satu pengunjung disana terluka karena robot Xiao Pang menghajar kaca jendela sebuah stand pameran yang menyebabkan kaca hancur berantakan. Sehingga pecahan kaca tersebut melukai para pengunjung hingga langsung dibawakan kerumah sakit.

Dalam pernyataan produsen robot yaitu Efrobot, selaku yang mengadakan acara tersebut telah mengaku minta maaf atas insiden yang sampai melukai pengunjung. Menurut pihak Efrobot, hal ini terjadi karena kelalaian staff yang ingin menggerakan Xiao Pang salah menekan tombol sehingga membuat robot bergerak tidak terkendali.

Adapun fitur lain pada Xiao Pang yang sebenarnya tertanam sensor agar bisa menghindar dari kondisi area di depan si robot. Sayangnya ketika dibongkar panel pada robot ini sensornya tidak berfungsi sama sekali.

Sebenarnya robot ini didesain khusus bagi anak-anak yang berumur 4 sampai 12 tahun yang difungsikan untuk membantu orang tua memantau anaknya, fitur lainnya melalui robot ini orang tua bisa melakukan panggilan video call untuk melihat anaknya. Robot Xiao Pang dibanderol berkisar $1,448 atau Rp. 19.5 jutaan.

Baca Juga:
Si robot pintar Sony Xperia Agent muncul lagi di IFA 2016, apa yang baru?

Ini robot baru Google yang mirip jerapah mini

Robot pintar Asus dirilis tahun depan