Technologue.id, Jakarta – Di ajang Computex yang baru berakhir beberapa hari lalu, Asus mengumumkan kalau pihaknya siap merilis robot rumahan pintar buatannya. Dijuluki Zenbo, robot itu bakal tersedia untuk konsumen dalam 9 sampai 12 bulan mendatang.

Pabrik asal Taiwan itu mengklaim Zenbo adalah robot yang cocok untuk membantu Anda dalam menyelesaikan tugas di rumah. Kemampuan utamanya ialah face recognition dan memahami perintah suara, tetapi Zenbo juga mau menyediakan resep masakan ketika Anda sedang memasak di dapur, berperan sebagai pengontrol smart home, dan lain-lain.

Robot lucu berwarna putih itu bahkan bersedia ditugaskan untuk menghibur dan mengedukasi anak Anda, seperti membacakan cerita, bermain game, mengajak menari, atau memainkan musik favoritnya.

Sambil menunggu waktu perilisan robot seharga Rp 8 jutaan itu, Asus berharap para developer berniat untuk menyumbang aplikasi buatannya, sehingga nanti ekosistem Zenbo bisa lengkap dan siap sebelum robot itu digunakan secara massal.

“Kalau kami tidak mengumumkan kehadiran Zenbo, kami tak akan mampu menarik minat masyarakat,” terang CEO Asus, Jerry Shen kepada CNET (8/6/16).