Roket SpaceX Meledak, Musk Malah Nyatakan Sukses

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – SpaceX meluncurkan roket prototipe Starship tak berawak ke rekor ketinggian baru pada hari Rabu (9/12). CEO SpaceX, Elon Musk menyebut misi itu berhasil meskipun kapal meledak akibat benturan saat mencoba mendarat.

Kapal yang dijuluki prototipe Starship Serial Number 8, atau SN8, memiliki peluncuran yang mulus hingga hampir 40.000 kaki. Roket dilaporkan menyelesaikan target pengumpulan data sebelum jatuh saat masuk kembali, CNBC melaporkan.

CEO SpaceX Elon Musk, melalui akun Twitternya menjelaskan bahwa kecepatan pendaratan dari roket tersebut menjadi terlalu tinggi karena tekanan rendah dalam tangki bahan bakar.

Baca Juga:
Roket SpaceX Starship Meledak saat Mencoba Mendarat

Dalam sebuah pernyataan sebelum peluncuran, Musk sudah mengantisipasi kemungkinan kecil roket itu akan bertahan mengingat banyak pencapaian yang ingin dia ukur.

“Banyak hal yang harus dilakukan dengan benar, jadi mungkin 1/3 kesempatan roket mendarat dalam keadaan utuh,” kata Musk.

“Dengan tes seperti ini, kesuksesan tidak diukur dengan penyelesaian tujuan tertentu, melainkan seberapa banyak yang dapat kita pelajari, yang akan menginformasikan dan meningkatkan kemungkinan keberhasilan di masa depan karena SpaceX dengan cepat memajukan pengembangan Starship,” kata SpaceX dalam sebuah pernyataan di situsnya.

SN8 dibuat dari baja tahan karat dan berfungsi sebagai prototipe untuk membuat Kapal Luar Angkasa yang mampu membawa berton-ton kargo dan sebanyak 100 penumpang sekaligus. Tujuannya adalah suatu hari nanti mengantar orang-orang ke Bulan dan Mars.

Uji roket sedang dilakukan di fasilitas Boca Chica SpaceX di dekat pantai Teluk Meksiko, 20 mil sebelah timur Brownsville, Texas.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories