Rusia Ciptakan Robot yang Bisa Mengendarai Mobil, Berkelahi, dan Menembak

Rusia Sudah Bisa Menciptakan Robot Militer (source: CNN)

Technologue.id, Jakarta – Selain Korea Utara, Rusia juga menjadi negara yang dikenal mengerikan persenjataan militernya. Namun, nampaknya kengerian Anda terhadap negara yang dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet tersebut akan bertambah, karena Rusia kini mampu menciptakan robot yang bisa mengendarai mobil, berkelahi, dan juga menembakan pistol.

Dikutip dari video yang disebarkan oleh CNN (30/4/2017), yang berjudul “This Russian robot shoots guns”, Rusia diketahui telah berhasil menciptakan sebuah robot yang mampu menggantikan tugas seorang tentara. Pasalnya, hampir seluruh tugas yang biasanya dilakukan oleh seorang manusia yang terdidik secara militer bisa dilakukan oleh robot tersebut.

Pada awal video, terlihat robot yang berwarna abu-abu tengah menggenggam dua buah pistol di kedua tangannya. Pelatuk dari dari kedua pistol itu pun ditari secara bersamaan, dan hebatnya terlihat tidak ada satupun sasaran yang meleset.

Video ini rupanya merupakan postingan sebuah akun Perdana Menteri Rusia, Dmitry Rogozin. Diketahui pula, bahwa robot yang mengerikan tersebut memiliki sebuah nama, yakni Fedor.

Selain mampu menembakan dua buah pistol tanpa meleset, Fidor juga bisa melakukan beragam latihan fisik, seperti mengangkat barbel, push-up, merangkak, hingga berlari. Ditambah lagi, robot yang terlihat masih kurang seimbang ini juga mampu mengendarai sebuah mobil.

Fedor diciptakan oleh sebuah yayasan Rusia yang memang bertujuan untuk menghadirkan penelitian-penelitian terkini, seperti robot tersebut. Walau robot ini ditakutkan akan menjadi cikal bakal dari perwujudan film Terminator, namun Rogozin menegaskan, “kami menciptakan sebuah AI (kecerdasan buatan), bukan Terminator”.

 

Baca juga:

Robot Asisten Rumah Tangga LG Punya ‘Perasaan’ Sendiri!

Google Sudah Percaya Kalau Anda Bukan Robot

Robot Ini Mungkin Bakal Sepintar Profesor Einstein