Rusia Mulai Kembangkan Jaringan Internet Sendiri

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Rusia dikabarkan tengah menguji jaringan internet sendiri (RuNet) yang akan diawasi pemerintah. Hal ini bertujuan untuk menjaga ketahanan nasional dari pengaruh negatif eksternal.

Dilansir dari TechCrunch pada Senin (30/12/3029), Presiden Putin akan menandatangani undang-undang RuNet dan akan membangun infrastruktur yang diperlukan awal tahun ini. Internet internal yang terpisah ini akan menyaring konten yang mengganggu ketahanan nasional.

“RuNet ditujukan untuk mencegah konsekuensi buruk dari jaringan global, yang sebagian besar dikendalikan dari luar negeri. Intinya adalah kedaulatan, untuk memiliki sumber daya sendiri yang dapat mencegah konsekuensi buruk tersebut,” kata Putin.

Nantinya, dengan RuNet, para pengguna jaringan tersebut tidak bisa mengakses situs web dengan leluasa, hanya situs-situs yang sudah terverifikasi oleh pemerintah saja yang bisa diakses.

Upaya ini dikabarkan telah melalui uji teoritis dan akan berlanjut ke praktis. Pengujian dilakukan terhadap kerentanan Internet of Things, yang pasti mengecewakan jika perangkat IoT Rusia memiliki sistem keamanan yang buruk. Jaringan lokal yang dapat melawan pengaruh negatif eksternal juga dipertimbangkan.

Beberapa negara seperti China, telah memilih untuk secara hati-hati mengatur jaringan internetnya. Dengan mengendalikan situs web, aplikasi, dan layanan mana yang dapat diakses.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories