Saat Hoax Tak Lagi Berbahaya, Tetapi Menghibur

Inilah Berita Gue, situs iseng dari Baca (source: event.baca.co.id)

Technologue.id, Jakarta – Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Tanah Air berhadapan dengan musuh baru yang tak kasat mata, yakni peredaran hoax atau berita palsu. Isu yang memang sengaja dilepaskan pihak-pihak tertentu untuk memunculkan kepanikan hingga menyetir opini publik itu pun erat dengan kepentingan politik dan elit. Apalagi di momen-momen pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak seperti sekarang, banyak dijumpai informasi semacam ini.

Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya memang Anda tidak perlu turut membuat serta menyebarkan hoax. Namun kalau menyebarkan hoax dengan cara dan tujuan yang satu ini, sepertinya tidak akan jadi masalah karena besar kans tidak akan ada yang dirugikan tapi malah banyak yang terhibur.

Yang redaksi maksud di atas adalah permainan ‘Inilah Berita Gue’, sebuah platform untuk membuat headline plus berita bohongan dengan mencatut nama Anda sebagai objek pemberitaan. Melalui permainan ini, para pengakses atau para pengguna hanya perlu menuliskan nama mereka pada laman yang sudah disediakan. Setelah itu, mereka akan mendapatkan sebuah konten berita unik dengan tercantumnya nama mereka di headline dan bodi berita yang di-generate secara acak. Disediakan pula tombol sharing ke media sosial untuk memperluas peredaran hoax ‘bersahabat’ ini.

Contoh template platform Inilah Berita Gue (source: Baca)

Permainan yang dihadirkan oleh Baca, aplikasi news aggregator Indonesia, ini ternyata disambut hangat oleh netizen. Bayangkan, dalam dua hari saja, sudah ada 500 ribu pendatang di platform beralamat di event.baca.co.id itu. Publik figur seperti Gisella dan Salshabilla pun sampai ikut menggunakannya.

Selain sebagai bentuk hiburan, redaksi juga melihat keberadaan permainan yang sebenarnya dihadirkan untuk memperingati April Mop 2017 ini sebagai tes kemelekan literasi masyarakat. Orang-orang yang termakan isu yang dibuat menggunakan permainan ini mungkin belum membaca keseluruhan isi berita atau memang mudah terprovokasi akibat judul beritanya. Padahal, kebiasaan seperti ini bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Tampilan hasil berita hoax siap edar di platform Inilah Berita Gue (source: event.baca.co.id)

Coba bikin berita hoax Anda di event.baca.co.id!

 

Baca juga:

Begini Cara Google Perangi Berita Hoax

Setiap Bulan, Google Maps Disisipi Ratusan Alamat Palsu

Gara-Gara Hoax, Facebook dan Medsos Lain Bisa Didenda Rp 706 Miliar