Technologue.idHeadlineSabet Gelar Unicorn, Netizen Ramaikan Tagar KopiKenangan di Medsos

Sabet Gelar Unicorn, Netizen Ramaikan Tagar KopiKenangan di Medsos

Technologue.id, Jakarta – Jaringan gerai kopi, Kopi Kenangan, mengumumkan telah menjadi unicorn pertama di Asia Tenggara untuk bisnis new retail makanan dan minuman (F&B). Pengumuman ini disampaikan setelah menutup putaran pertama untuk pendanaan seri C senilai US$96 juta atau setara Rp1,3 triliun.

Dengan tambahan dana investasi ini, perusahaan turut mengumumkan bahwa telah mencapai tonggak “unicorn” atau bervaluasi lebih dari $1 miliar.

Baca Juga:
Raih Pendanaan Rp 2,1 Triliun, Xendit Jadi Unicorn

Di sisi lain, netizen tanah air juga merasakan kebanggaan terhadap pencapaian Kopi Kenangan yang telah menyandang status Unicorn. Tagar #KopiKenangan pun masuk jajaran topik paling banyak dibicarakan pada Senin, 27 Desember 2021.

“wah salut ikut Bangga bgt sama @Kopikenangan_ID ini kopi kesukaan ku skrng udah jadi unicorn pertama f&b asli Indonesia keren sukses trus jdi yg lebih baik Star-struckThumbs up #KopiKenangan #FromMantanToUnicorn,” tandas @tidakjelasmff

“GILA KEREN BGT?! Aku baru denger @Kopikenangan_ID jadi perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara!Pleading face aaa seneng banget, dari dulu Kopi Kenangan jadi favorit aku dan aku bangga banget! Congrats! #KopiKenangan #FromMantanToUnicorn,” ucap @marsheeesh

“Emang sesuka itu sih dari dulu sama kopi kenangan. Makin proud lagi karena @Kopikenangan_ID udah jadi perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara. Sekali lagi selamat #kopikenangan #frommantantounicorn,” tutur @tangpadimasak

“Selamat @Kopikenangan_ID salah satu kopi yang banyak promo dan harga ramah dikantong sudah jadi perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara #KopiKenangan #FromMantanToUnicorn,” ungkap @nunaabobo.

Adapun putaran pendanaan seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dengan dukungan investor sebelumnya Horizons Ventures, Kunlun, dan B Capital; serta investor baru Falcon Edge Capital.

Baca Juga:
Fintech Dominasi Jajaran Startup Unicorn Indonesia

Aliran dana ini akan difokuskan untuk perluasan brand F&B baru mereka, dengan membuka kehadiran di berbagai kota baru lainnya di Indonesia. Selain itu, perusahaan juga tengah merencanakan untuk mulai merambah pasar regional.

“Dukungan dari para investor merupakan bukti sekaligus memotivasi kami untuk terus fokus dalam meningkatkan produktivitas gerai dengan memanfaatkan teknologi demi mewujudkan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan. Kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portofolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar,” ujar Co-Founder & CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata.

Lewat akun media sosial, manajemen Kopi Kenangan juga mengucapkan terima kasih kepada para petani Indonesia, karyawan, hingga konsumen setia.

“Terima kasih kepada para Petani Indonesia untuk 435.448.800 gram kopi setiap tahunnya! Juga kepada 4.379 karyawan Kopi Kenangan, serta 1.808.640 pengguna aplikasi Kopi Kenangan dan Jutaan Kenangan yang dibuat setiap harinya,” tulisnya.

Saat ini Kopi Kenangan telah memiliki lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia.

- Advertisement -