Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Saingi Apple dan Google, Microsoft Bikin Xbox Mobile Gaming Store
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Microsoft tengah bersiap untuk luncurkan Xbox Mobile Gaming Store awal tahun depan. Hal itu dikemukakan oleh CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer, yang menjelaskan bahwa perusahaan sedang membangun toko aplikasi untuk bersaing dengan Apple dan Google yang punya toko aplikasi mobile sendiri.

Phil Spencer mengatakan, “Kami ingin bisa hadirkan Xbox dan konten dari mitra kami dan pihak ketiga ke layar mana pun yang ingin pelanggan mainkan.” Ia pun menuturkan, bahwa saat ini Microsoft tidak bisa melakukannya di perangkat mobile, tetapi mereka ingin membangun menuju dunia yang menurut perusahaan akan hadir saat perangkat tersebut dibuka.

Baca Juga:
Microsoft Perluas Ketersediaan PC Xbox Game Pass ke 40 Negara Baru

Dikembangkan Sejak Tahun Lalu

Microsoft pertama kali berbicara tentang “toko generasi berikutnya” awal tahun lalu, sebulan setelah pengumuman rencana untuk mengakuisisi Activision Blizzard. Xbox Mobile Store dirancang buat jadi penantang dominasi toko game seluler Apple dan Google dan didasarkan pada konten Activision Blizzard seperti Call of Duty: Mobile dan Candy Crush Saga, dua game mobile yang sangat populer buatan Activision dan King.

Saat Microsoft bangun Xbox Mobile Store, regulator perlu melihat Apple dan Google untuk memastikan toko tersebut berkembang pesat di perangkat Android dan iOS. Apple tidak mengizinkan toko alternatif lain di iPhone dan iPad, dan metode pembayaran yang bersaing tidak tersedia di beberapa negara.

Perusahaan seperti Microsoft dan Spotify berharap EU Digital Markets Act (Undang-Undang Pasar Digital UE) akan rombak cara Apple dan Google pasarkan aplikasi di perangkat seluler, yang pada akhirnya membuka platform dan toko mereka untuk bersaing.

Baca Juga:
Game Xbox PC Akan Hadir di Nvidia GeForce Now

“Masa depan Digital Markets Act adalah sesuatu yang kami rencanakan,” jelas Spencer. “Kurasa ini kesempatan bagus.” Microsoft saat ini punya sedikit pasar di game mobile, dan pembuat Xbox mengatakan dalam pengajuan ke Otoritas Persaingan dan Pasar (CMA) Inggris tahun lalu: Kesepakatan akan diperlukan dalam pengembangan, pemasaran, dan periklanan game mobile.

Microsoft juga membangun platform mobile Xbox yang lebih luas. Mereka dengan cepat hadirkan dukungan Xbox Cloud Gaming ke bundel Steam Valve serta menggandeng Logitech dan Razer untuk versi mobile yang fokus pada cloud gaming. Xbox Mobile Store nantinya bakal bikin developer bisa jalankan toko aplikasi mereka sendiri di platform mobile Xbox Microsoft.

SHARE:

Microsoft Tunda Peluncuran Fitur Recall AI yang Kontroversial

Harga Rp2 Jutaan, Perbandingan Spek ZTE Nubia Neo 2 5G vs Tecno Pova 6