Technologue.id, Jakarta – Sabtu, 19 Agustus 2017, sejatinya tak cuma publik Malaysia yang bersuka cita, tetapi juga warga se-Asia Tenggara. Sebab di hari tersebut, pembukaan Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-29 alias SEA Games tahun 2017 resmi dibuka.

Memang, Kuala Lumpur sebagai tuan rumah mampu menyuguhkan opening ceremony SEA Games yang ciamik. Sayangnya, ada satu hal yang menodai kemeriahan itu.

Baca juga:

Murah! Internetan Seharian di Luar Negeri Pakai XL Cuma Bayar Segini!

Ternyata, souvenir buku spesial yang diberikan pada upacara pembukaan itu menampilkan bendera Indonesia secara salah. Bukannya merah-putih, di booklet tersebut tercetak kalau bendera RI adalah putih-merah. Kesalahan ini sendiri diviralkan oleh Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, melalui akun Twitter pribadinya (19/08/17).

Salah Cetak Bendera Indonesia, Hubungan Netizen Indonesia-Malaysia Tegang
Cuitan Imam Nahrawi yang viral terkait foto bendera Indonesia yang salah (source: Twitter / imam_nahrawi)

Tak selang lama, cuitan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dibalas oleh Khairy Jamaluddin. Secara pribadi, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia itu meminta maaf atas kesalahan yang menurutnya tak disengaja itu.

Salah Cetak Bendera Indonesia, Hubungan Netizen Indonesia-Malaysia Tegang
Khairy Jamaluddin meminta maaf secara pribadi pada Imam Nahrawi (source: Twitter)

Tak cuma sang menteri yang bergerak, panitia SEA Games pun merilis surat permohonan maaf resmi atas ketidaksengajaan tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, Khairy Jamaluddin juga menyatakan akan menghubungi langsung Imam Nahrawi untuk meminta maaf lagi atas nama panitia.

Baca juga:

Go-Jek Rambah 25 Kota Baru di Indonesia, Ada Kota Anda?

Namun sepertinya netizen terlanjur panas. Tweet Imam Nahrawi tadi, misalnya, banyak dibalas oleh masyarakat yang merasa terhina dengan apa yang sudah diperbuat oleh panitia SEA Games 2017. Bahkan, tak sedikit juga yang melayangkan umpatan. Di samping itu, tagar #ShameOnYouMalaysia pun mulai menghiasi trending topic Indonesia.

“Pemerintah harus protes. Jangan berdiam diri. Bukti Panpel #SEAGames tidak profesional dan melecehkan bangsa Indonesia,” cuit warganet dengan akun @RusminToboali.

Baca juga:

Anda Pengguna Go-Jek, Uber, dan Grab? Hati-hati! Trojan Ini Incar Anda!

Sementara warga negeri jiran pun tak mau kalah suara. Di antara cuitan netizen Malaysia, banyak yang menyayangkan sikap pengguna Twitter asal Indonesia yang dirasa berlebihan, padahal menteri dan panitia telah memohon maaf atas kesilapan itu.

“Iya menterinya juga sudah mohon maaf, jikalau kami bisa menerima 1,5 juta rakyatmu bekerja di sini, mengapa kalian tidak bisa memaafkan kami,” sindir Jusuf Bachin alias @Firdausirrsaf1.