Technologue.id, Jakarta – Aplikasi finansial Jenius berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk memberikan kemudahan dalam membayar zakat dan berdonasi secara digital.

Melalui aplikasi Jenius, pengguna bisa membayar zakat dan menyalurkan donasi Paket Ramadhan Bahagia selama Ramadhan ini langsung dari smartphone.

Layanan zakat digital ini memiliki keunggulan yakni lebih simpel, aman, cepat, dan transparan.

“Berbagi itu sangat mudah melalui Jenius dan Baznas. Melakukan zakat bisa di tracking secara online dan realtime,” ujar Irwan Sutjipto Tisnabudi, Head of Digital Banking Bank BTPN, saat pengumuman kerjasama ini, di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Untuk melakukan zakat dan donasi digital ini, pengguna pilih menu Send It di aplikasi Jenius, lalu pilih Tagihan, pilih Amal dan Donasi, dan kemudian pilih Baznas. Setelah itu masukkan nominal, dan tekan tombol Selanjutnya.

Bila pengguna ingin melakukan donasi secara reguler, fitur ini bisa ditambahkan di menu Favorit sehingga bisa langsung diakses tanpa perlu ditelusuri dari awal.

Sementara itu bagi Baznas, kerjasama dengan Jenius ini diharap bisa mendorong digital fundrising yang kuat di tahun ini. Sejak lembaga pengelola zakat ini memulai kampanye zakat digital di tahun 2016, tercatat hanya menyumbang 10 persen dari total seluruh dana yang dikumpulkan.

“Kami akan berkampanye lebih banyak kepada digital, seperti melalui Jenius dan provider digital lainnya. Prediksi zakat digital akan mencapai 30 persen di 2020,” ujar Muhammad Arifin Purwakananta, Direktur Utama Baznas, di kesempatan acara yang sama.

Di Ramadhan tahun ini, Baznas memasang target Rp3,5 Triliun terkumpul dari zakat dan donasi masyarakat Indonesia.