Sama Persis, Fitur Telkomsel CloudX Juga ‘Diracik’ oleh Developer Zoom

Technologue.id, Jakarta – Di tengah pandemi Corona, aplikasi video telekonferensi menjadi salah satu layanan komunikasi yang paling diminati. Bila aplikasi meeting online dari luar kita mengenal Zoom, Indonesia juga punya aplikasi serupa, tepatnya melalui salah satu layanan Telkomsel yang bernama CloudX.

Sempat disampaikan, selama pandemi ini, CloudX mengalami peningkatan jumlah pengguna CloudX sebesar 5000 persen sejak dirilis pada awal tahun ini. Namun pihak Telkomsel menegaskan, CloudX sudah jauh hari diluncurkan sebelum pandemi. Saat itu penggunaannya masih terbatas hanya untuk kalangan korporasi.

Baca Juga:
Berkah WFH, Jumlah Pengguna Telkomsel CloudX Meroket

“CloudX awalnya memang layanan cloud meeting untuk corporate. Atau sebagai salah satu paket dari corporate solution. Namun sejak pandemi, CloudX akhinrya menjadi salah satu alternatif untuk virtual meeting,” kata Aldin Hasyim, External Corporate Communications Telkomsel, saat menggelar silaturahmi virtual dengan Forum Wartawan Teknologi (Forwat) melalui CloudX, Jumat (5/6/2020).

Aldin mengakui, fitur-fitur dan tampilan antarmuka yang ada di CloudX memang mirip dengan Zoom. Hal ini dikatakannya wajar mengingat berasal dari ‘dapur’ yang sama dengan aplikasi besutan Eric Yuan tersebut. Sepintas aplikasi ini memiliki antarmuka yang sama dengan Zoom, mulai dari menu, tampilan video grup, hingga adanya fitur screen sharing.

“DNA yang membangun CloudX merupakan salah satu developer Zoom. Ibarat mobil, komponennya terdiri dari beberapa pabrikan. Teknologi Zoom lewat perusahaan Meta juga dipakai untuk membuat CloudX,” ungkapnya.

“Namun yang membedakan adalah servernya. Server CloudX ada di Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga:
Zoom Tuai Untung Fantastis selama Pandemi Corona

Dengan platform buatan anak negeri ini, masyarakat bisa melakukan virtual meeting lewat video atau audio untuk bekerja dan belajar online dengan kapasitas maksimum 500 partisipan, serta 1000 partisipan untuk webinar.

Bersama dengan hadirnya layanan ini, Telkomsel juga menawarkan paket data spesial CloudX berisi kuota 30 GB dengan masa aktif 30 hari. Harganya sangat murah, yaitu cuma Rp 10 dan dapat langsung diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel. Penawaran ini berlaku untuk pelanggan prabayar (Simpati, Kartu As, dan Loop) dan pascabayar (KartuHalo).

Recent Articles

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Bercerai dengan Intel, Segini Keuntungan yang Didapat Apple

Technologue.id, Jakarta - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple mengkonfirmasi perpisahannya dengan Intel. Sejumlah pihak menilai keputusan ini diambil guna menghemat pengeluaran perusahaan.

WFH Bikin Penjualan PC Meningkat Secara Global

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah paradigma tentang banyak hal, termasuk bisnis. Beberapa industri ada yang berdampak sangat buruk, namun di...

Related Stories