Technologue.id, Banyuwangi – Aplikasi Laut Nusantara besutan XL Axiatan dan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diklaim diminati masyarakat nelayan. Aplikasi yang baru dikembangkan selama 5 bulan itu diakui telah dipakai ribuan nelayan untuk mencari ikan.

Hal tersebut diungkap Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya kepada awak media saat menunjukkan program sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada masyarakat nelayan di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi Kota, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

“Saat ini sudah ada 11 daerah dan 1.300 nelayan yang sudah menerima sosialisasi program Laut Nusantara. Ke-11 daerah tersebut adalah Perancak, Pandeglang, Lombok Tengah, Kenjeran, Situbondo, Indramayu, Greges, Pakutatan, Serang, Sendang Biru, dan Prigi,” jelas Yessie.

Hingga Februari 2019 lalu, tidak kurang dari 10.000 nelayan telah memanfaatkan aplikasi Laut Nusantara. XL Axiata memasang target hingga akhir tahun nanti akan ada sekitar 15 ribu nelayan yang memanfaatkan aplikasi pemburu ikan tersebut.

Tak sekedar melakukan sosialisasi, XL juga langsung membekali para nelayan asuhannya dengan smartphone yang di dalamnya sudah terpasang aplikasi Laut Nusantara. Selain itu, di perangkat tersebut sudah terpasang kartu SIM XL Axiata berikut paket data internet cepat.

Tim XL Axiata dan BROL sebelumnya sudah melakukan penelitian dan survey ke sejumlah komunitas nelayan di berbagai daerah untuk mengetahui kebutuhan mereka terkait informasi seputar aktivitas penangkapan ikan. XL Axiata dan BROL terus mengembangkan fitur-fitur aplikasi ini. Fitur yang paling baru adalah fitur navigasi.

Fitur navigasi ini berisi informasi mengenai jarak, kalkulasi bahan bakar (BBM) otomatis dari jarak yang titik-titik tujuannya sudah ditentukan nelayan dan arah yang akan dituju, hingga titik kembali.

XL Axiata dan BROL terus mengembangkan fitur-fitur aplikasi ini. Fitur yang paling baru adalah fitur navigasi. Fitur navigasi ini berisi infomasi mengenai jarak, kalkulasi bbm otomatis dari jarak yang titik-titik tujuannya sudah ditentukan nelayan, dan arah (heading bearing).

XL Axiata juga membantu perbaikan atau renovasi perahu-perahu nelayan yang sudah lama beroperasi. Ada sejumlah perahu yang direnovasi, yang diharapkan akan bisa kembali maksimal untuk dipergunakan melaut. Perahu-perahu tersebut memerlukan perbaikan terutama pada badan dan layer. Termasuk dalam perbaikan ini berupa pengecatan badan perahu dengan warna-warni khas perahu Banyuwangi.