Sambut Lebaran, Masyarakat Ternyata Rela Belanja Online Hingga Jutaan Rupiah

Technologue.id, Jakarta – Ini berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Shopback. Platform penyedia cashback belanja online tersebut mendapati temuan menarik terkait perilaku dan minat belanja online konsumen Indonesia menjelang Lebaran 2017.

Seiring dengan kian menjamurnya e-commerce atau marketplace yang hadir di tanah air, dalam rangka sambut lebaran ternyata lebih banyak karyawan yang lantas membelanjakan uang THR (Tunjangan Hari Raya). Mengingat kemudahan yang ditawarkan oleh sistem belanja online ini.

“Ada 300 responden yang sebelumnya kami survei dan tersebar di lima kota besar, Seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar,” menurut Inge Kosasih, Vice President Marketing, ShopBack Indonesia saat mengumumkan hasil survei di kantornya, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Dimana ia memaparkan selanjutnya bahwa hasil survei menunjukkan 78,30% responden menyatakan akan menambah jumlah pengeluaran guna mencukupi kebutuhan mereka selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Sebagian besar respondent, yakni 52,20% mengaku akan menggunakan dana THR untuk keperluan tersebut. Sementara sisanya lagi merencanakan akan menggunakan tabungan (23,90%) atau gaji (23,90%).

Khusus pemakaian THR pun terungkap kalau sebanyak 40,60% responden berencana menghabiskan 51% jumlah uang yang mereka terima setahun satu kali ini untuk berbelanja online.

Namun, menariknya lagi total pengeluaran yang direncakan konsumen cenderung rela merogoh kocek untuk berbelanja online hingga jutaan Rupiah.

“Ya, mayoritas atau sebesar 64,60% responden mengatakan akan melakukan pengeluaran sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta,” ungkap Inge lagi.

Sedangkan sebanyak 34,40% lainnya saja yang berencana akan berbelanja online di kisaran Rp 100ribu hingga Rp 499ribu.

Sementara hasil survei soal kategori belanjaan, menunjukkan barang fashion yang paling diminati, yakni oleh 81,9% responden. Dari keseluruhan, tampak Ada tiga produk fashion paling diminati, terutama para konsumen muslim. Diantaranya muslim baju koko (54,5%), gamis (53,1%) dan hijab (44,1%).

Kategori lainnya yang cukup ditunggu oleh konsumen belanja online ternyata meliputi promosi elektronik (43,1%), makanan (40,7%), perabot rumah tangga (33,8%), groceries (32,4%), dan travel (31 ,9%).

Melihat survei belanja online jelang lebaran tahun in, Shopback berniat ingin membantu konsumen dalam berbelanja bijak nan hemat. Termasuk untuk berbelanja keperluan Ramadan Dan Hari Raya Idul Fitri. Dimana tahun ini Shopback gelaran Gebyar Ramadan Online dengan menyediakan cashback hingga 90%.

Shopback juga bekerja sama dengan Telkomsel dalam penyelenggaraan Pointastic Deal yang menyediakan diskon hingga 50% plus cashback hingga 12%. Caranya, pelanggan Telkomsel cukup unduh aplikasi My Telkomsel dan registrasi dengan tukarkan 1 point. Program ini berlangsung di tanggal 30 Mei – 16 Juni mulai pukul 12.00 – 13.00 WIB.

“Melalui Gebyar Ramadhan Online, ShopBack berharap dapat membantu konsumen untuk memenuhi beragam kebutuhan yang diperlukan dengan penghematan berbelanja seefisien mungkin,” tutup Inge.