Sambut Libur Akhir Tahun, XL Axiata Optimalkan Jaringan

Technologue.id, Jakarta – Libur akhir tahun semakin dekat. Dalam menyambut libur akhir tahun 2019, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data agar komunikasi pelanggan bisa berjalan lancar.

Persiapan tersebut meliputi peningkatan kapasitas hingga 100% dari hari biasa, optimalisasi area wisata dan jalur transportasi darat, persiapan rekayasa jaringan, hingga pengerahan sekitar 30 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik.

Baca Juga:
XL Axiata Gandeng Vidio Kembangkan Layanan XL Home

Plt. Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan dalam siaran persnya pada Selasa (10/12/2019), “Persiapan khusus sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari. Kami sangat serius karena selain Lebaran, libur panjang akhir tahun dari mulai Natal hingga Tahun Baru adalah momen di mana trafik selalu mengalami peningkatan yang signifikan.”

Menurutnya, pada libur akhir tahun lalu trafik data meningkat sekitar 30% dibandingkan hari-hari biasa. Ia juga memprediksi akan ada kenaikan trafik sekitar 15% di layanan data meliputi akses ke peta digital, media sosial, dan streaming musik maupun video. Untuk itu, XL Axiata sudah menyiapkan rekayasa pengalihan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area agar tidak menurunkan kualitas layanan.

Baca Juga:
Bos XL Axiata Raih Apresiasi Perempuan Hebat Indonesia 2019

Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya berupa pengaturan trafik internet upstream ke Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia. Selain itu, sedikitnya 300 titik lokasi meliputi pusat mobilitas pemudik, area wisata, pusat perbelanjaan, hingga tempat ibadah juga dilakukan optimalisasi jaringan.

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS,” ujarnya.

Ia optimis kualitas layanan data selama libur akhir tahun nanti akan tetap prima dan pelanggan akan tetap mendapatkan kenyamanan.