Technologue.id, Jakarta – Selain menjual perangkat keras secara B2C, Samsung juga memiliki model bisnis B2B untuk produksi dan penjualan chipset kepada para rekanan yang membutuhkannya. Dan untuk chipset generasi mendatang, Qualcomm mulai melirik Samsung untuk bisa bekerja sama dalam memproduksi chipset Snapdragon.

Baca Juga:
Samsung Segera Luncurkan Galaxy Note 10, Kapan?

Mengutip dari GSMArena (11/06/19), Qualcomm kabarnya sudah memilih Samsung untuk memproduksi chipset flagship mereka di masa mendatang, Snapdragon 865. Proses kerja sama antara kedua perusahaan tersebut sendiri saat ini sudah memasuki fase final.

Bukan tanpa alasan, Qualcomm yakin bahwa teknologi produksi pada pabrik Samsung akan lebih baik ketimbang TSMC. Pasalnya, proses produksi EUV untuk chipset mobile berbasis 7 nm yang dikembangkan Samsung dianggap jauh lebih canggih.

- Advertisement -

Baca Juga:
Samsung Perkenalkan Smartphone Tangguh Galaxy Xcover 4s

Sebelumnya, Qualcomm sempat mempercayai Samsung untuk membuat chipset Snapdragon 820 dan 835. Namun setelah itu, mereka berpindah ke TSMC untuk memproduksi Snapdragon 845 dan 855. Dan kini, Qualcomm kembali mempercayai Samsung untuk bisa memproduksi Snapdragon 865.

Selain Qualcomm, Nvidia dan IBM belakangan ini juga bekerja sama dengan Samsung guna memproduksi komponen semikonduktor, seperti chipset dan GPU. Oleh karenanya, Samsung berencana untuk mengembangkan pabrik berteknologi EUV agar bisa menampung tingginya permintaan produksi dari para rekanan.