Samsung Belum Menyerah dengan Tizen, Ini Buktinya

Ilustrasi smartphone Tizen (source: Samsung)

Technologue.id, Jakarta – Agustus tahun lalu, Samsung telah memberikan dobrakan di ponsel bersistem operasi miliknya, Tizen. Mereka merilis smartphone Tizen pertama yang sudah mendukung jaringan 4G di Indonesia bernama Z2. Sasaran ponsel 4 inci itu adalah konsumen entry-level.

Meskipun di media sosial berseliweran review miring soal gadget tersebut, Samsung ternyata tak menyerah menjajakan Tizen. GSMArena (15/03/17) melaporkan kalau perusahaan yang usianya hampir 80 tahun itu tengah menyiapkan anggota baru di keluarga Tizen.

Adalah Z4 yang terendus sedang disertifikasi oleh FCC (Federal Communications Commission United States). Karena belum resmi rilis, hanya sedikit bocoran yang bisa didapat. Gawai dengan model SM-Z400 itu diketahui memiliki slot dual-SIM, baterai berkapasitas 2.050mAh, serta berukuran 132.9 x 69.2 mm.

Handset yang kemungkinan akan memakai OS Tizen versi 3.0 itu mungkin akan lebih baik daripada Z2. Sebab, tren smartphone Tizen sendiri spesifikasinya lumayan meningkat. Maka dari itu, cukup aman jika meyakini Samsung Z4 bakal punya RAM 2GB atau kamera dengan resolusi di atas VGA yang tahun lalu masih diusung oleh Z2.

Sebagai gambaran, Samsung Z2 secara keseluruhan berlevel low-end. Jeroannya dihuni oleh prosesor 1,5GHz Quad-Core, RAM 1GB, dan memori internal 8GB yang bisa diperluas sampai 128GB dengan microSD. Mengutip situs resmi Samsung, Z2 bisa memfoto dengan kamera utama 5MP plus flash dan kamera VGA di depan. Sedangkan baterainya berkapasitas 1.500mAh.

 

Baca juga:

Samsung Galaxy Book, PC Jinjing Andalan Eksmud

Samsung Galaxy Tab S3, Tablet Garang dan Pemilik Otak ‘Cerdas’ Pertama

Samsung Galaxy S8 Segera Pecahkan Rekor Baru?