Samsung Bikin GPU Sendiri untuk Perangkat Mobile

Technologue.id, Jakarta – Samsung sudah cukup lama menggunakan chipset buatannya sendiri (in-house) yang diberinama Exynos. Dan saat ini, hampir seluruh lini smartphonenya disematkan chipset tersebut, mulai dari lini produk kelas bawah, menengah, hingga atas. Namun hal tersebut tak membuatnya puas begitu saja.

Mengutip dari NextPowerUp (10/06/17), saat ini produsen gadget asal Korea Selatan itu dilaporkan tengah mengembangkan sebuah GPU in-house yang bernama S-GPU.

Banyak yang menduga bahwa pemroses grafis S-GPU tersebut nantinya akan disematkan pada chipset flagship Exynos generasi berikutnya yang sudah dijadwalkan bakal dirilis tahun 2018 mendatang.

Jika sudah begini, bisa diperkirakan bahwa penerus smartphone Galaxy S8 kemungkinan besar sudah menggunakan chipset Exynos yang dilengkapi dengan S-GPU.

Sebenarnya rencana pembuatan GPU in-house oleh Samsung bukanlah hal yang baru. Sebelumnya mereka sudah sempat dirumorkan akan melakukan hal tersebut pada tahun 2014.

Setahun mendatang, tepatnya pada 2015, rumor tersebut semakin kencang karena ada kemungkinan Samsung bakal merilisnya. Namun hal tersebut tidak juga terjadi. Malah, mereka justru menandatangi persetujuan dengan ARM untuk bisa menggunakan GPU-nya pada chipset Exynos.

 

Baca juga:

Samsung Ciptakan Chipset Khusus untuk IoT

Samsung Siap “Racuni” Dunia dengan Perangkat Berbasis Tizen

Di Daerah Maju, Tablet Samsung Lebih Laris dari iPad