Technologue.id, Jakarta – Sejak meluncurkan smartphone flagship Galaxy S7 hingga S10, Samsung sudah membekalinya dengan sertifikasi IP68 yang berarti tahan terhadap air selama 30 menit dengan kedalaman maksimal 1,5 meter. Namun ternyata, hal tersebut dianggap sebagai tipuan belaka.

Mengutip dari SamMobile (04/07/19), sebuah lembaga pengawas konsumen, Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) baru saja mempermasalahkan soal klaim ketahanan air pada smartphone buatan Samsung. Pasalnya, Samsung dituduh sudah membuat pengertian yang salah dan menyesatkan konsumen dalam mengiklankan fitur ketahanan air pada smartphone.

Untuk menyelesaikan kasus tersebut, Samsung pun harus menghadap ke pengadilan federal. Terkait dengan iklan smartphone yang tahan air, ACCC menganggap bahwa sebuah perangkat smartphone harusnya akan baik-baik saja dengan paparan semua jenis air, termasuk air laut dan air kolam renang.

Sementara di sisi lain, iklan yang dibuat Samsung tampil dengan menggunakan perangkat smartphone di kolam renang dan pantai. Padahal, sertifikasi IP68 secara eksplisit hanya menyebutkan tahan terhadap air tawar. Dan ACCC sudah mengumpulkan bukti berupa 300 contoh iklan semacam itu.

ACCC juga mencatat bahwa Samsung sempat menolak klaim garansi dari para kostumer yang smartphonenya rusak setelah digunakan di dalam air. Penolakan tersebut didasarkan bahwa Samsung sudah mengumumkan melalui website resminya kalau seri Galaxy S10 tidak disarankan untuk digunakan di pantai maupun kolam renang.