Technologue.id, Jakarta – Sudahkah Anda melihat wujud Galaxy Note 7 yang diperkenalkan secara resmi Selasa (2/8/16)? Anda tidak salah jika menilai flagship tersebut mirip dengan produk premium Samsung yang dipamerkan Februari lalu, Galaxy S7 Edge. Dari segi fisik, perbedaan di antara keduanya tak terlalu mencolok, pun dengan spesifikasnya.

Sebenarnya, adakah perbedaan di antara keduanya? Mari cermati ulasan redaksi berikut.

Pertama, ukuran layar Galaxy Note 7 adalah 5,7 inci, lebih besar dari Galaxy S7 Edge yang cuma 5,5 inci. Keunggulan luas layar Galaxy Note 7 bakal bermanfaat ketika dipasangkan dengan stylus S Pen. Aksesori ini siap untuk membantu Anda yang doyan melepaskan kreativitas atau ide lebih ekspresif dan liar, mulai dari mengedit foto atau sekadar mencorat-coret. Namun kalau Anda cenderung menggunakan jari dan jempol untuk berinteraksi dengan ponsel, keduanya sama-sama bisa membuat Anda tampak keren, karena memiliki layar lengkung yang bisa difungsikan sebagai shortcut kontak maupun aplikasi.

Untuk detail jeroannya, Galaxy Note 7 dan Galaxy S7 Edge sama persis. Mereka sama-sama mengusung prosesor Exynos 8890 Quad-Core, GPU Mali-T880 MP12, RAM 4GB, OS Android Marshmallow, serta memori internal 64GB plus microSD. S7 Edge unggul sedikit dari kapasitas baterai, yakni 3.600mAh berbanding 3.500mAh.

- Advertisement -

samsung galaxy note 7 vs galaxy s7 edge

Bagaimana dengan kamera? Ternyata untuk indikator ini, kedudukan keduanya kembali berimbang. Ada kamera belakang 12MP dengan aperture f/1.7, OIS, dan LED flash yang juga mampu merekam video 4K di kedua flagship tersebut. Sementara untuk selfie, keduanya memanjakan penggunanya dengan kamera 5MP ber-aperture f/1.7, dan fitur HDR.

Akan tetapi, Galaxy Note 7 lebih spesial. Sebab, shooter depannya terintegrasi dengan iris scanner. Pengamanan biometrik ini pun bisa menjadi nilai tambah bagi user yang mengidam-idamkan handset yang lebih aman.

Fitur tersier keduanya pun faktanya sama, seperti bodi bersertifikat IP68 yang tahan diajak menyelam ke kedalaman 1,5 meter selama 30 menit, dukungan ke Samsung Pay, serta wireless charging. Ada sedikit perbedaan minor untuk konektivitas, yaitu Galaxy Note 7 sudah mendukung USB Type-C, sementara Galaxy S7 Edge belum.

Soal harga, Galaxy S7 Edge sudah bisa Anda tebus di Indonesia dengan kisaran Rp 10 jutaan. Sementara itu Galaxy Note 7 sedikit lebih mahal, sekitar Rp 12 jutaan.

Jadi, mana yang Anda pilih di antara kedua ponsel kelas atas tersebut?

 

Baca juga:

SAMSUNG GALAXY NOTE 7, PAKAI IRIS SCANNER DAN TAHAN AIR!

GALAXY S7 DAN S7 EDGE LARIS, SAMSUNG PUAS

SAMSUNG AJAK ANDA BERNOSTALGIA DENGAN PONSEL LIPAT TERBARU