Technologue.id, Jakarta – Seperti dua mata pisau, smartphone bisa memberikan dampak negatif dan bisa juga positif. Dan baru-baru ini, ada sebuah insiden yang hampir merenggut banyak nyawa, namun untungnya terselamatkan dengan adanya fitur tahan air dari salah satu smartphone buatan Samsung.

Baca Juga:
Aplikasi ‘Find My Friends’ iPhone Selamatkan Nyawa Remaja Mobil Terguling

Mengutip dari SamMobile (19/07/19), pada tanggal 8 Juli 2019 lalu, dilaporkan ada sebuah kapal yang membawa 4 warna negara Filipina dan 16 penyelam asing. Namun saat di tengah-tengah perairan Kota Bogo, kapal tersebut oleng hingga terbalik.

Ketika terbalik, ada seorang penumpang dari Kanada bernama Jim Emdee yang berhasil menggunakan Galaxy S8 untuk meminta bantuan. Pada saat ia mulai tenggelam, perangkat tersebut masih bisa dioperasikan untuk membagikan lokasi kejadian melalui GPS berkat adanya sertifikasi tahan air IP68. Setelah berselang 30 menit kemudian, bala bantuan pun datang.

“Saya sangat berharap rasa terima kasih saya bisa sampai ke tim engineering Samsung, karena jujur, itu benar-benar menyelamatkan kita semua. Hanya S8 saya yang bisa terhubung dan berfungsi sampai kami berhasil mencapai daratan”, kata Emdee.

Baca Juga:
Kelabui Pencuri, Orang Ini Todongkan iPhone Layaknya Pistol

Terkait dengan insiden tersebut, pihak Samsung pun memberikan sedikit komentar.

“Kami senang mendengar bahwa semua penumpang aman dan smartphone Samsung sangat membantu dalam usaha penyelamatan. Kami akan terus bekerja untuk menciptakan perangkat yang bisa membantu pengguna ketika dihadapkan dalam situasi yang mengerikan”, kata James Jung, Head of Samsung Electronics Filipina.