Technologue.id, Jakarta – Setelah sekian lama hadir untuk memenuhi kebutuhan komputasi, kini selain CPU dan GPU, beberapa perusahaan teknologi juga tengah mengembangkan Neural Processing Unit (NPU). Salah satu yang mungkin melakukan hal tersebut adalah Samsung.

Mengutip dari GSMArena.com (05/11/2018), Samsung saat ini dikabarkan tengah menggarap NPU berbasis dual-core yang nantinya akan difokuskan untuk melakukan pemrosesan terhadap Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Baca juga:

Market Share Samsung Mengecil akibat Digulingkan Vendor Tiongkok

Nantinya NPU tersebut rencananya akan disematkan pada chipset terbaru buatan Samsung yang mengusung teknologi 7 nm. Dikarenakan menggunakan sistem dual-core dan khusus untuk pemroses AI, banyak yang meyakini bahwa prosesor tersebut mampu menyelesaikan task AI dengan sangat cepat.

Baca juga:

Smartphone Lipat Samsung Hadir untuk Pasar Asia?

Walaupun belum diumumkan oleh Samsung, salah seorang leakster meyakini bahwa NPU tersebut ke depannya bakal digunakan sebagai image processing dari kamera yang akan disematkan pada smartphone Galaxy S10. Tak cuma soal AI, kemampuan perekaman video dan pengenalan suara pun diyakini akan meningkat pada smartphone tersebut berkat adanya NPU.

Baca juga:

Samsung dan Apple Didenda Gara-gara Smartphone-nya Lemot

Sebelumnya, Samsung sendiri sudah sempat memperkenalkan sebuah chipset mobile yang dilengkapi dengan NPU pada awal tahun 2018 lalu, yakni Exynos 7 9610. Pada chipset tersebut, NPU digunakan untuk mendeteksi scene recognition secara otomatis dan melakukan rendering pada foto bokeh.