Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Samsung ISOCELL HP2, Sensor Kamera 200MP Khusus Smartphone Flagship
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Raksasa teknologi Korea Samsung Electronics memperkenalkan sensor kamera 200MP terbarunya yaitu ISOCELL HP2. Sensor kamera ini menyasar smartphone premium dengan menjanjikan hasil foto memukau berkat peningkatan teknologi pixel.

Dilansir dari Gizmochina (17/1/2023), saat ini sensor kamera Samsung ISOCELL HP2 200 megapiksel telah memasuki produksi massal. Diperkirakan chip ini akan hadir perdana di seri smartphone unggulan Galaxy S23 yang akan datang.

Secara teknis, sensor kamera ISOCELL HP2 mengemas 200 juta piksel berukuran 0,6 mikrometer (μm) dalam format optik 1/1,3”, ukuran sensor yang banyak digunakan dalam kamera smartphone utama 108 megapiksel. Berkat inovasi ini, pengguna akan dapat menghasilkan resolusi yang lebih tinggi di smartphone flagship terbaru tanpa perlu ada tonjolan kamera yang lebih besar di perangkat.

Baca Juga:
Samsung Pamer Isocell HP1 dengan Resolusi Sensor 200 MP

Samsung mengatakan, dalam lingkungan kurang cahaya, sensor berubah menjadi 1,2 mikron (m) 50 megapiksel atau 2,4μm 12,5 megapiksel dengan mengikat empat hingga 16 piksel yang lain.

Menurut Samsung, performa dinamis ini akan memungkinkan ISOCELL HPX untuk menghasilkan gambar setajam mungkin, bahkan saat sumber cahaya terbatas.

Untuk video 8K atau sekitar 33-megapiksel, sensor beralih ke mode 1,2μm 50-megapiksel untuk meminimalisir pemotongan. Sedangkan video 8K pada 30 bingkai per detik, bidang pandang yang luas serta ukuran piksel yang lebih besar dapat menghasilkan video sinematik yang tajam.

Samsung juga memperkenalkan fitur DSG untuk pertama kalinya dalam mode 50 megapiksel, yang menerapkan dua nilai konversi berbeda ke sinyal analog yang diterima pada tingkat piksel. Ada juga Smart-ISO Pro, solusi HDR yang menggabungkan berbagai tingkat ISO dari satu eksposur, memungkinkan kamera mengambil gambar 12,5 megapiksel dan video 4K pada 60fps dalam HDR.

Baca Juga:
Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Ia juga mampu melakukan pemfokusan otomatis dengan cepat, dan teknologi Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG) yang baru juga dapat mengurangi gambar yang pudar dari lingkungan yang terang benderang.

Meskipun perusahaan telah mengonfirmasi bahwa sensor ISOCELL HP2 telah memasuki produksi massal, Samsung belum mengungkapkan tanggal pengiriman maupun daftar smartphone yang akan menampilkan sensor baru ini. Namun, kemungkinan besar akan dbenamkan pada seri Samsung Galaxy S23 mendatang, yang diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

SHARE:

Presiden Jokowi Bentuk Satgas Judi Online, Ini Tugas dan Susunan Anggotanya

Visi Barcode Gokart Hadirkan Bibit-bibit Pembalap Formula 1