Samsung Jadi Saingan Berat Bagi TSMC

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Selain menjadi salah satu pemimpin pasar di industri smartphone, Samsung juga dikenal memiliki teknologi semikonduktor untuk pembuatan cip yang cukup andal. Oleh karenanya, TSMC sebagai salah satu produsen chipset mobile pun menganggap bahwa Samsung merupakan saingan berat bagi mereka.

Mengutip dari SamMobile (22/4/21), founder dan CEO TSMC, Morris Chang mengatakan bahwa Samsung merupakan kompetitor terkuatnya dalam industri semikonduktor meskipun TSMC sejatinya berhasil mendapatkan lebih dari 50 persen pangsa pasar. Salah satu alasannya adalah lantaran Samsung dan TSMC memiliki budaya korporasi yang begitu mirip.

Baca Juga:

Samsung Sulap Smartphone Usang Jadi Sensor Smart Home

Di saat yang sama, Chang juga berpendapat bahwa Samsung memiliki keunggulan lain dibandingkan TSMC, seperti rantai pasok komponen IC yang lebih lengkap dan memiliki sumber daya manusia yang berbakat. Meski begitu, baik Samsung dan TSMC didirikan di negara-negara dengan infrastruktur logistik yang menguntungkan baik dari sisi laut maupun udara sehingga mereka tetap mampu berkompetisi dalam skala global.

Sedangkan untuk industri semikonduktor, TSMC saat ini menganggap adanya persaingan yang serius dari produsen asal Tiongkok. Pasalnya, hingga saat ini belum ada produsen semikonduktor yang mampu bersaing dengan teknologi yang dimiliki TSMC.

Baca Juga:

Apple – TSMC Jalin Kerja Sama, Mau Buat Perangkat AR

Morris Chang percaya bahwa TSMC mampu melangkah 5 tahun di depan dari produsen semikonduktor asal Tiongkok dari sisi kapasitas produksi. Sedangkan dari sisi pengembangkan teknologi, mereka unggul 1-2 tahun di depan.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories