Samsung Jual 782 Ribu Unit Gear VR Sepanjang Awal Tahun 2017

Samsung Gear VR jadi perangkat VR yang paling laris (source: Wearable)

Technologue.id, Jakarta – Samsung telah memproduksi banyak headset VR di tahun 2016. Dan, kerja kerasnya itu pun terbayarkan dengan berhasil menjual 728 ribu unit headset VR di sepanjang kuartal satu tahun 2017 ini.

Dikutip dari GSM Arena (11/5/2017), jumlah unit headset VR besutan Samsung yang terjual tersebut mengalahkan penjualan perangkat VR PlayStation buatan Sony, yang hanya laku sebanyak 375 ribu unit. Sedangkan, Google Daydrem View laris sebanyak 170 ribu, HTC Vive 95 ribu unit, dan Oculus Rift 64 ribu unit.

Alasan utama dibalik laris manisnya perangkat VR besutan Samsung di pasaran adalah berkat harganya yang terbilang murah. Pasalnya, Gear VR merupakan satu-satunya headset VR yang dijual dengan harga sekitar Rp 1 jutaan, sedangkan produk lain bisa dimiliki dengan merogoh kocek lebih dari Rp 1,5 jutaan.

Besarnya jumlah unti Gear VR yang laris tersebut merupakan bukti nyata jika pasar memiliki ketertarikan yang sangat tinggi. Tidak heran jika perusahaan asal Korea Selatan itu melanjutkan seri Gear VR mereka.

Data penjualan perangkat VR dari SuperData Research (source: GSM Arena)

Menurut data yang didapatkan oleh SuperData Research, bisnis perangkat VR berada pada nilai $4.9 milyar hingga saat ini. Jumlah tersebut akan terus bertambah dalam 3 tahun ke depan, hingga menyentuh nilai $37.7 milyar (dengan penjumlahan penjualan hardware senilai $17.8 milyar dan software senilai $19.9 milyar).

Namun, perkembangan VR ini hanya diprediksi selama 3 tahun ke depan saja. Setelah itu, SuperData Research berharap para pemain lebih berfokus pada Augmented Reality atau Mixed Reality (gabungan AR dan VR).

Baca juga:

Ubisoft Luncurkan Game VR Bertema Hiu

Facebook Menutup Studio Film Oculus VR

Mi VR Play 2, Perangkat VR Ekonomis Buatan Xiaomi