Technologue.id, Jakarta – Samsung merilis smartphone murah ke Indonesia yang berasal dari keluarga seri A. Samsung Galaxy A10s hadir dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 1 jutaan.

Dibanding versi sebelumnya, Galaxy A10s membawa sejumlah peningkatan mulai dari sisi kamera, sensor sidik jari (fingerprint), dan face recognition.

Dari segi fotografi, perubahan paling menonjol dari Galaxy A10s ketimbang pendahulunya adalah jumlah kameranya. Kali ini Samsung memberikan kamera belakang ganda pada ponsel murahnya, yaitu 13MP + 2 MP. Sebelumnya, Galaxy A10 hanya memiliki satu kamera utama saja, 13MP (f/1.9).

Dua kamera belakang di Samsung Galaxy A10s (Choiru Rizkia / Technologue.id)

“Dengan harga Rp 1,899,000, ada dual kamera di belakang yaitu 13 MP dan 2 MP untuk depth focus,” ujar Selvia Gofar, Senior Product Marketing Manager Samsung Indonesia, saat temu media di Scenia 180, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Sedangkan untuk kamera selfie, ada sensor 8MP (f/2.0) yang siap mengabadikan kegiatan swafoto.

Bukan hanya itu saja, Galaxy A10s juga telah dibenamkan dua opsi keamanan melalui teknologi fingerprint scanner di bagian punggungnya, serta face recognition atau pengenal wajah di layar.

“Baru kali ini ada dual kamera, fingerprint, dan face recognition di smartphone A10 series,” tuturnya.

Unboxing Samsung Galaxy A10s (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Berdasarkan riset dari Google yang berjudul Year in Search: Insight for Brands 2018, sebanyak 68 persen dari konsumen Indonesia saat ini mencari informasi mengenai smartphone secara online.

Pencarian dengan kata kunci “smartphone terjangkau” meningkat hingga 2 kali lipat dari sebelumnya. Dengan kata lain, banyak yang mencari smartphone murah. Hal tersebut menandakan minat konsumen mengacu pada harga smartphone terjangkau, namun tetap memiliki fitur unggulan.

Bagi mereka yang suka menikmati live streaming video maupun musik, Galaxy A10s telah didukung layar Infinity Display-V yang luas dengan 6.2 inch High Definition+.

Untuk dapur pacu Galaxy A10s, vendor asal Korea Selatan itu hanya mengandalkan MediaTek MT6762 Helio P22 dengan dukungan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB yang bisa diekspansi hingha 512 GB.

Soal kapasitas baterai, suksesor dari Galaxy A10 ini mengemas muatan 4000mAh demi menemani aktivitas nge-live seharian penuh.

Samsung Galaxy A10s akan tersedia dalam tiga pilihan warna kekinian, yaitu Merah, Hijau, dan Hitam. Smartphone entry-level Samsung ini akan dijual mulai 23 September mendatang.