Technologue.id, Jakarta – Samsung resmi meluncurkan smartphone Galaxy A51 dan Galaxy A71, pada Selasa (14/11). Keduanya merupakan smartphone seri A pertama yang meluncur di awal 2020.

“Ini smartphone pertama dari Galaxy A Series yang kami luncurkan di awal tahun ini. Galaxy A Series di 2019 fokus pada Generasi Live. Saat ini kami bawa satu step ahead fokus di ‘Awesome’. Target konsumennya tetap anak muda dan Gen Z,” kata Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, di acara Awesome Live Party, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Menyasar Gen Z, Galaxy A71 dan Galay A51 fokus pada sejumlah aspek yaitu layar, kamera, performa, dan daya tahan baterai.

Berikut spesifikasi detail kedua smartphone terbaru Samsung Galaxy A Series:

Samsung Galaxy A51
Galaxy A51 mengusung layar Super AMOLED yang berukuran 6,5 inch Infinity O-display dengan resolusi Full HD+. Bagian atas masih terdapat notch tempat kamera depan beresolusi 32 MP atau sama seperti Galaxy A50s.

Samsung Galaxy A51 memiliki empat kamera belakang, diposisikan menyerupai huruf “L”. Konfigurasi kamera belakang antara lain kamera utama 48 MP, ultrawide 12 MP bersudut pandang 123 derajat, lensa makro 5MP, dan kamera bokeh 5 MP. Ada juga fitur Super Steady untuk membuat video stabil.

Dari segi hardware, Samsung Galaxy A51 mengusung prosesor Exynos 9611 dengan RAM dan media penyimpanan 6GB/128GB.

Samsung Galaxy A51 masih menggunakan ponsel berkapasitas 4.000 mAh. Baterai tersebut juga didampingi oleh teknologi pengisian daya cepat berdaya 15W. Paling menarik ponsel ini turut membawa NFC.

Samsung membekali ponsel cerdas bersistem operasi Android 10 dan antarmuka pengguna Samsung One UI 2.0

Pilihan warna yang disediakan diantaranta Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Blue.

Smartphone terbaru di seri Galaxy A ini telah ditawarkan melalui pre-order sejak tanggal 10 Januari hingga 17 Januari mendatang, dengan harga Rp 4.099.000. Program pre-order ini diselenggarakan di situs dan toko resmi Samsung online.

Selama masa pre-order, konsumen yang membeli Samsung Galaxy A51 akan memperoleh Galaxy Fit e senilai Rp599.000 gratis. Dikatakan Irfan, smartphone ini telah ludes dalam waktu tiga hari masa pre order.

Selanjutnya, Samsung bakal memasarkan Galaxy A51 mulai tanggal 24 Januari mendatang, baik secara online maupun offline. Harga normal yang dipatok pun akan lebih tinggi yaitu Rp 4,399,000.

Samsung Galaxy A71
Galaxy A71memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari Galaxy A51, meski demikian, kedua ponsel besutan Samsung ini memiliki beberapa kesamaan.

Ponsel ini memiliki layar Super AMOLED Plus yang berukuran 6,7 inch Infinity O-display edge-to-edge dengan resolusi Full HD+. Panel Super AMOLED Plus ini menyimpan keunggulan dibanding versi standar terutama dari segi ketipisan dan ringan.

“Super AMOLED Plus lebih tipis 26 persen dan ringan 20 persen dibanding Super AMOLED biasa, sehingga beratnya dibawah 200 gram,” kata Irfan.

Samsung juga membuat layar ‘berlubang’ sebagai rumah kamera selfie 32 MP.

Dari segi kamera, Galaxy A71 juga dibekali dengan empat kamera belakang, dengan sensor utama 64 MP, lensa depth 5MP, makro 5MP dan lensa ultra wide 12MP.

Untuk urusan performa, Galaxy A71 mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 730G dengan RAM hingga 8 GB dan memori internal 128 GB (hanya satu opsi storage). Jika kapasitas penyimpanan data tersebut masih kurang, pengguna bisa menambahkan microSD hingga 512 GB.

Samsung membenamkan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh yang sudah ditemani teknologi super fast charging 25W.

Untuk harga Galaxy A71, masih belum diungkap sampai menunggu jadwal pemesanan pre order. Sesi pre order smartphone menengah ini akan dimulai pada tanggal 20 Januari 2020.

Varian warna yang beredar di pasar antara lain Prism Crush Black, Prism Crush Silver, dan Prism Crush Blue.

Galaxy A71 dan Galaxy A51 juga menyediakan akses ke ekosistem Samsung dari aplikasi dan layanan cerdas termasuk Bixby (Vision, Lens Mode, Routines), Samsung Pay, NFC Samsung Health. Perangkat juga dilindungi dengan platform keamanan Samsung Knox.