Samsung Masih Kuasai Pasar Smartphone Indonesia, Siapa Saja Musuhnya?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Mendobrak kedigdayaan Samsung di pasar smartphone nasional saat ini seperti mustahil. Sebab, data penjualan ponsel pintar selama Juli sampai September 2016 yang dihimpun IDC kembali menahbiskan pabrik yang sudah berdiri dari tahun 1938 itu sebagai penguasa sektor smartphone Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, market share Samsung terpantau mencapai 32,2 persen. Pangsa pasar itu jauh mengungguli seteru terdekatnya, Oppo, yang cuma punya 16,7 persen. Sementara Asus, Advan, Smartfren, hingga Lenovo hanya bisa pasrah menyusul di posisi kedua hingga kelima.

Lancarnya penjualan Samsung ini didorong oleh lancarnya pula penjualan produk unggulan mereka, seperti Galaxy J7. Bersama Oppo F1s dan Asus Zenfone Selfie, ponsel tersebut bahkan didapuk sebagai produk terlaris di Indonesia pada Q3 2016.

Dalam rilis persnya (16/12/16), IDC turut menyebut kalau tragedi Galaxy Note 7 tak punya dampak buruk terhadap brand Samsung di masyarakat. Kampanye marketing yang konsisten di toko ritel adalah strategi kunci yang mereka lakukan, sekaligus ampuh untuk menjaga gap dengan para kompetitornya.

Vendor smartphone top di Indonesia Q3 2016 (source: IDC)

Secara keseluruhan, penjualan smartphone di Indonesia kuartal ini turun 7 persen kalau dikomparasikan dengan Q2 2016. Akan tetapi, perbandingan Year-on-Year-nya meningkat 4 persen.

 

Baca juga:

Ternyata Ini 3 Smartphone Terlaris di Indonesia

Resmi, Smartfren Bukan Lagi Operator CDMA

Spesifikasi Galaxy J2 Prime, HP Paling Diburu Selama Harbolnas 2016

- Advertisement -

Latest News

Related Stories