Technologue.id, Jakarta – Android memang masih menjadi rekanan Samsung dalam menyempurnakan perangkat-perangkat keluarannya. Namun, rupanya Samsung menyimpan keinginan kuat untuk menghadapi Android dengan sistem operasi lain, yakni Tizen versi baru yang dibenamkannya ke dalam Z4.

Dikutip dari GSM Arena (13/5/2017), tawaran yang dilontarkan Samsung kali ini untuk menarik minat pasar kepada Z4 adalah kemudahan dan selfie. Perangkat yang ditenagai oleh OS Tizen 3.0 ini berfokus pada penggunaan sosial media dan juga kamera depannya.

Z4 mengemban Tizen OS versi 3.0 (source: GSM Arena)

Z4 sendiri merupakan perangkat yang hadir dalam ukuran 4,5 inci di bagian layarnya, terbilang kecil saat dibandingkan dengan kebanyakan smartphone di tahun ini. Pada bagian yang akan menampilkan resolusi 480 x 800px tersebut, Samsung melapisinya dengan kaca kurva 2.5D.

Prosesor quad-core 1.5GHz yang tersemat di dalamnya menjadi otak utama yang ditemani oleh RAM 1GB. Seluruh dukungan sistem operasi yang dibutuhkan oleh Z4 akan dipenuhi oleh Tizen 3.0.

Untuk kamera depan, Z4 dilengkapi dengan lensa kamera 5MP f/2.2, yang langsung ditemani oleh flash sebagai pendukung tingkat cahaya. Terdapat hal unik untuk bagian kamera utamanya, lensa yang juga bertenaga 5MP tersebut dikelilingi oleh LED flash, sehingga pencahayaan diklaim akan jauh lebih baik.

Saat selesai menangkap atau merekam gambar dari kameranya, Anda dapat langsung mengunggahnya ke media sosial. Perangkat ini mampu menangkap jaringan WiFi (2.4GHz b/g/n) dan juga LTE Cat. 4, sehingga Anda tak perlu takut lemot.

Z4 akan diluncurkan pertama kali untuk mengisi pasar India. Sayangnya, tidak ada informasi harga mengenai perangkat tersebut, dan juga negara mana saja selain India yang akan dihadirinya.

Baca juga:

Samsung Jual 782 Ribu Unit Gear VR Sepanjang Awal Tahun 2017

Inikah Spesifikasi Samsung Galaxy J7 2017?

Perangkat Gear S3 Sudah Mendukung Samsung Pay