Samsung Rilis OS Smartwatch Baru

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Samsung telah meluncurkan antarmuka (interface) baru untuk smartwatch yang disebut One UI Watch, di Mobile World Congress 2021 yang digelar secara virtual. One UI Watch akan debut di generasi Galaxy Watch mendatang.

One UI Watch dirancang untuk membuat pengalaman Galaxy Watch dan smartphone “terhubung lebih dalam”, kata raksasa teknologi Korea Selatan itu, sebagaimana dikutip dari ZD Net (29/6/2021).

Pada dasarnya, One UI Watch ini dibuat berbasis Wear OS dari Google. Pada ajang Google I/O 2021 bulan Mei lalu, Google sempat mengumumkan kerja samanya dengan Samsung untuk mengembangkan OS wearable baru.

Samsung belum mengungkapkan detail mengenai Galaxy Watch4, namun penerus Galaxy Watch3 itu dipastikan akan menjadi yang pertama menjalankan One UI Watch dan rencananya akan dirilis pada acara Galaxy Unpacked berikutnya. Karena berbasis Wear OS dari Google, One UI Watch akan terintegrasi lebih dalam dengan smartphone Android daripada Tizen OS.

Contohnya jika pengguna menginstal aplikasi di ponselnya, aplikasi tersebut akan terinstal juga di smartwatchnya.

Keunggulan menggunakan Wear OS dibanding Tizen juga ada pada kompatibilitas aplikasi yang lebih baik. Contohnya beberapa aplikasi populer seperti Adidas Running, Golfbuddy Smart Caddie, Strava, Swim.com, Calm, Sleep Cycle, Spotify, YouTube Music, dan Google Maps akan tersedia di Galaxy Watch.

Samsung pun menjanjikan daya tahan baterai Galaxy Watch akan lebih baik dan performa lebih kencang berkat penggunaan Wear OS ini.

Namun untuk membedakan One UI Watch dengan perangkat Wear OS lain, Samsung akan menghadirkan software baru bagi para desainer untuk mendesain watch face.

Menurut rumor, perangkat Galaxy Watch dengan One UI Watch akan dirilis pada Agustus mendatang. Peluncuran jam tangan pintar teranyar itu akan berbarengan dengan kehadiran Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories