Technologue.id, Jakarta – Sistem operasi buatan Samsung, Tizen sebenarnya sudah dirilis beberapa tahun lalu. Namun keberadaannya masih belum begitu berpengaruh karena baru sedikit perangkat Samsung yang mengadopsinya.

Melalui ajang Tizen Developer Conference (TDC) 2017 yang diadakan di San Francisco baru-baru ini, Samsung memperkenalkan secara resmi sistem operasi Tizen generasi terbaru.

Mengutip dari NextPowerUp (18/05/17), salah satu hal yang cukup istimewa adalah nantinya sistem operasi Tizen tak cuma bisa digunakan pada smartphone, tetapi juga smart TV, bahkan berbagai perangkat Internet of Things (IoT) yang berukuran kecil sekalipun.

Di saat yang sama, raksasa elektronik asal Korea Selatan itu juga menjanjikan bahwa nantinya smartphone berbasis Tizen yang baru saja diperkenalkannya, yakni Samsung Z4 akan dipasarkan secara global di seluruh dunia.

Z4 mengemban Tizen OS versi 3.0 (source: GSM Arena)

Z4 sendiri merupakan smartphone yang hadir dalam ukuran 4,5 inci di bagian layarnya, terbilang kecil saat dibandingkan dengan kebanyakan smartphone di tahun ini. Pada bagian yang akan menampilkan resolusi 480 x 800px tersebut, Samsung melapisinya dengan kaca kurva 2.5D.

Hingga saat ini belum diketahui kapan tepatnya Samsung akan mulai memasarkan berbagai perangkat berbasis Tizennya. Yang pasti, sebelum tersedia di seluruh dunia, wilayah India, Afrika, dan beberapa negara di Asia Tenggara akan kebagian duluan.

 

Baca juga:

Samsung Belum Menyerah dengan Tizen, Ini Buktinya

Bangun Ekosistem OS Tizen, Samsung Pilih Developer Lokal Terbaik

Samsung Resmikan Z2, Ponsel OS Tizen Pertama Di Indonesia