Samsung Siapkan Chip Exynos untuk Xiaomi, Vivo, dan Oppo

Technologue.id, Jakarta – Samsung selama ini menciptakan chipset Exynos secara eksklusif untuk smartphone mereka. Namun belakangan, mereka diketahui bakal mulai menyuplai cip Exynos untuk sejumlah vendor smartphone lain.

Mengutip dari GizmoChina (03/11/20), Xiaomi, Vivo, dan Oppo menjadi beberapa mitra dari Samsung Electronics yang akan menggunakan cip Exynos. Meski begitu, bukan keseluruhan cip (SoC) yang bakal dipakai oleh para vendor tersebut, melainkan hanya bagian yang digunakan untuk memproses aplikasi / application processor (AP).

Baca Juga:
Exynos 1080 Segera Meluncur, Catat Tanggalnya

Berdasarkan laporan dari BusinessKorea, Samsung rencananya akan mulai mendistribusikan cip AP kepada Xiaomi, Vivo, dan Oppo pada pertengahan pertama tahun 2021 mendatang. Dan rencananya, cip AP tersebut bakal digunakan utuk smartphone kelas menengah ke bawah.

Selama ini, Qualcomm berhasil mendominasi cip AP untuk smartphone kelas premium. Oleh karenanya, cip AP dari Exynos tersebut masih memiliki pangsa pasar yang cukup luas karena harganya yang lebih ekonomis.

Baca Juga:
Samsung ‘Kawinkan’ Chipset Exynos dengan GPU AMD?

Cip AP Exynos buatan Samsung sendiri sudah sempat digunakan oleh Motorola dan Meizu. Namun untuk cip terbarunya, belum diketahui tipe smartphone apa saja yang bakal menggunakannya.