Samsung Uji Coba Jaringan 6G

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Samsung dilaporkan telah menguji coba jaringan 6G. Uji coba dilangsungkan dengan menggunakan spektrum frekuensi 140 Ghz atau frekuensi Terahertz (THz).

Sunghyun Choi, selaku SVP di Samsung Research mengungkap, kecepatan download real-time yang dihasilkan dari jaringan 6G ini mencapai 6,2 Gbps pada jarak 15 meter.

Baca Juga:

Samsung Klaim Jadi Pemimpin Tablet Indonesia


Ia juga mengklaim kecepatan data puncaknya bisa 50 kali lebih cepat dari 5G, dan latensi over-the-air (OTA) dapat dikurang hingga menjadi sepersepuluh.

“Ini dapat menjadi tonggak utama dalam mengeksplorasi kelayakan penggunaan spektrum THz untuk komunikasi nirkabel 6G,” kata Choi, dikutip dari pernyataan resminya, Senin (21/6/2021).

Menurut Choi, kecepatan tinggi dan latensi rendah ini dapat menghadirkan beragam layanan baru, seperti menghadirkan tampilan hologram 3D di seluler hingga penggunaan teknologi Extended Reality (XR).

Baca Juga:

Asisten Virtual 3D Samsung Segera Meluncur?


Kehadiran jaringan 6G ini juga disebut akan mendobrak batas-batas teknologi. Untuk itu pihaknya mengaku akan terus mengembangkan teknologi jaringan terbaru ini.

Untuk diketahui, uji coba jaringan 6G Samsung dilakukan bekerja sama dengan University of California, Santa Barbara (UCSB). Uji coba diamerkan di gelaran IEEE International Conference on Communications 2021.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories