Technologue.id, Jakarta – Walaupun Android masih menguasai sistem operasi berbasis mobile, Samsung tetap percaya diri dengan OS buatan mereka sendiri, Tizen. Selasa (23/8/16), perusahaan berusia 78 tahun itu resmi meluncurkan Z2, ponsel Tizen berbasis 4G pertamanya.

Mengutip situs resmi Samsung, produk ketiga Tizen itu mengusung spesifikasi level low-end. Jeroannya dihuni oleh prosesor 1,5GHz Quad-Core, RAM 1GB, dan memori internal 8GB yang bisa diperluas sampai 128GB dengan microSD. Handset 4 inci tersebut turut dilengkapi dengan kamera utama 5MP plus flash dan kamera VGA di depan. Sedangkan baterainya berkapasitas 1.500mAh.

Seperti dua pendahulunya, Samsung Z2 baru akan menyasar pasar India dan sekitarnya. Belum jelas apakah ponsel tersebut bakal disajikan untuk konsumen di Indonesia. Sementara harganya ada di kisaran Rp 900 ribuan dan bisa ditebus mulai 29 Agustus mendatang.

Meski sudah membuat tiga smartphone berbasis Tizen, Samsung sejauh ini masih terlalu hati-hati. Bagaimana tidak, belum ada di antara ketiganya yang berspesifikasi tinggi. Hanya Samsung Z3 yang dirilis Oktober tahun lalu yang jeroannya selevel ponsel Android mid-end saat ini.

Tizen sendiri sudah banyak ditanamkan di sejumlah produk Samsung. Kendati tak populer di pasar smartphone, sistem operasi yang dilahirkan tahun 2012 itu adalah sistem operasi seri smartwatch terbaik Samsung, Gear S.

 

Baca juga:

SAMSUNG MINAT JUALAN PONSEL BEKAS, MASUK INDONESIA TIDAK?

SAMSUNG BAKALAN PERKENALKAN GALAXY NOTE 7 EDISI BATMAN?

UNBOXING: SAMSUNG GALAXY S7 EDGE, PONSEL TERPOPULER 2016