Seagate Garap Harddisk 120 TB!

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta Seagate adalah salah satu perusahaan terkemuka di bidang penyimpanan HDD, dan mengumumkan rencana membuat hard drive 120TB dalam sepuluh tahun ke depan.

Dengan kemajuan teknologi, kebutuhan ruang penyimpanan PC dan konsol game juga meningkat. Bahkan baru-baru ini, banyak penggemar yang dikejutkan dengan ukuran file Cyberpunk 2077 yang terlalu besar untuk didistribusikan dalam dua CD.

Baca Juga:
Makin Lapang, iPhone 13 Dibekali Penyimpanan Internal 1TB

Perusahaan mengatakan bahwa jika semuanya berjalan sesuai rencana, mereka akan merilis hard drive 100TB. Kemudian kedepannya, perusahaan berharap dapat menembus batas 120TB pada tahun 2030 dan seterusnya, dilansir dari Gamerant (20/3/2021).

Dalam hal tersebut, mereka baru-baru ini merilis berita tentang pencapaian perusahaan dalam acara Analisis Virtual.

Seagate memprediksi bahwa ia akan mampu merilis lebih dari 30TB HDD pada tahun 2023, lebih dari 40TB pada tahun 2025 dan 50TB HDD pada tahun 2026. Mereka menjelaskan bahwa sementara akan menggunakan Bit Patterned Media (BPM) untuk beralih dari penyimpanan 2,6TB per inci persegi menjadi delapan TB per inci persegi.

Kemungkinan, harga yang ditawarkan akan sedikit mahal dengan sistem penyimpanan HDD yang berjumlah lebih dari satu zetabyte. Sebagai referensi, beberapa hard drive terbesar dan termahal saat ini di Newegg hanya berukuran 18TB dan harganya sekitar US$ 400 (Rp5,7 juta).

Baca Juga:
Seagate Rilis Game Drive Edisi Khusus Marvel untuk PS4

Seagate mengatakan bahwa pencapaian tujuan ini akan bergantung pada kemajuan teknologi perekaman magnetik berbantuan termal atau dikenal sebagai teknologi Heat-Assisted Magnetic Recording (HAMR).

Wakil presiden senior Seagate Jeff Fochtman berbicara tentang kebutuhan mendesak untuk bergerak maju dari teknologi perekaman magnetik tegak lurus (PMR) yang digunakan di hard drive saat ini. Fochtman menjelaskan, teknologi PMR sudah mencapai ketersediaan maksimalnya, dan kapasitas teknologinya hanya bertambah 1-2 TB saja. Namun, ia memperkirakan bahwa dengan bantuan teknologi HAMR, nilai puncak peningkatan dapat mencapai antara 4 dan 10TB kapan saja.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories