HomeGadgetSebab Stok Chipset Dunia Jadi Langka

Sebab Stok Chipset Dunia Jadi Langka

Technologue.id, Jakarta – Dunia kini dilanda kelangkaan chipset. Ini telah diakui banyak produsen smartphone dan bahkan Xiaomi telah menaikkan harga untuk sejumlah produk mereka.

Dalam pengumumannya, Xiaomi menyebut perusaan tengah mengalami krisis chipset sehingga terpaksa harus menaikan harga sejumlah smartphone-nya hingga Rp 100.000.

Ada empat model smartphone yang naik harga, yakni Redmi 9A, Redi 9C, Redmi Note 10 5G dan Poco M3 Pro 5G.

Baca Juga:

Smartphone Xiaomi Naik Harga

Nah sebenarnya apa sih yang menyebabkan stok chipset dunia menjadi langka? Berikut informasinya dilansir dari CNBC, Jumat (15/10/2021).

Chipset diandalkan dibanyak produk mulai dari mobil, mesin cuci, hingga smartphone itu sendiri. Dan saat ini pasokannya tidak cukup untuk memenuhi permintaan industri.

Munculnya 5G dan adanya sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat kepada Huawei juga menjadi salah satu penyebab chipset menjadi langka.

Selain itu, badai musim dingin ekstrim yang menutup pabrik semikonduktor di Texas serta kebakaran di pabrik Jepang, yang membuat penundaan produksi chipset.

Baca Juga:

Chip Langka, Samsung dan OPPO Kompak Jaga Harga

Dan yang paling berpengaruh adalah pandemi Covid-19. Pesanan chipset melonjak, namun pada saat bersamaan pabrik chipset juga harus ditutup saat lockdown.

Kelangkaan chipset dunia sudah mempengaruhi harga smartphone Xiaomi. Bukan tidak mungkin ini juga akan terjadi untuk smartphone Samsung, Oppo, Vivo, Realme dan Apple.

Jadi, siap-siap untuk kenaikan harga smartphone dalam beberapa wkatu kedepan.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More