Waduh, 40 Ribu Foto Profil Pengguna Tinder Dicuri!

Technologue.id, Jakarta – Setidaknya 40 ribu foto profil pengguna Tinder telah dicuri oleh seorang programmer. Puluhan ribu foto tersebut kemudian disebarkan secara bebas di dunia maya, yang tentu sangat mengkhawatirkan para pengguna tinder yang menjadi korban.

Dikutip dari BBC (3/5/2017), orang yang diduga menjadi pelaku pencurian foto profil pengguna Tinder tersebut adalah Stuart Colianni, yang merupakan programmer dari pihak Tinder sendiri. Dataset berisi 40 ribu gambar, yang terdiri dari foto pria dan wanita tersebut akhirnya terlepas ke dunia maya secara bebas.

Pada awalnya, Colianni menulis sebuah program untuk mengkompilasi cache foto, yang berguna sebagai bahan penelitian pembelajaran mesin. Namun sayang, apa yang dilakukan olehnya dianggap melanggar persyaratan yang telah ditentukan oleh Tinder.

Berdasarkan laporan dari laman TechCrunch, kumpulan data tersebut pada awalnya hanya berisi ribuan gambar pengguna Tinder di wilayah Bay Area, California. Namun, jumlah tersebut terus bertambah dan meluas ke area layanan Tinder yang lainnya, hingga jumlahnya saat ini diketahui menyentuh 40 ribu.

Melalui situsnya, Colianni menjelaskan bahwa dirinya hanya mencari cara untuk mengumpulkan daya yang lebih terperinci, berdasarkan wajah pengguna. “Mengapa tidak menjadikan dataset Tinder lebih berguna dengan penambahan pemindai wajah yang lebih baik dan lebih besar?” ungkap Colianni.

Untuk menyiapkan rencana baiknya tersebut, Colianni memanfaatkan layanan penyimpanan Google, yakni Kaggle, yang memungkinkan programmer untuk bereksperimen dengan program kecerdasan buatan. Namun sayang, hal itu dianggap Tinder telah menyalahi aturan yang telah dibuatnya dengan Colianni, yang berujung pada penuduhan pencurian foto profil penggunanya.

Colianni pun mengaku telah menghapus seluruh data profil tersebut, setelah melaporkan ketidak persetujuan pihak Tinder ini kepada perwakilan di Kaggle.

 

Baca juga:

500 Ribu Pengguna Android Jadi Target Malware Aplikasi Panduan Game

PhotoGrid 6.0 Resmi Rilis, Sasar Pengguna Sosial Media

Mau Liburan ke Amerika? Serahkan Dulu Media Sosial Anda!

Recent Articles

Samsung Galaxy Note 20 Ultra Bocor, Ini Penampakannya

Technologue.id, Jakarta - Samsung tak sengaja memamekan seri flagship terbarunya, Galaxy Note 20 Ultra dalam situs resmi perusahaan versi Rusia. Kebocoran ini...

Jadwal Tayang Mulan Diundur ke Agustus

Technologue.id, Jakarta - Kegembiraan tentang pemutaran film baru menghilang dengan cepat, seiring dengan kasus COVID-19 yang kembali meningkat dan khawatir dengan risiko...

Lima Senjata yang Cocok untuk Bermain Rusher dan Agresif di Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Senjata, karakter, dan gaya permainan akan menjadi faktor yang menentukan kemenangan di Free Fire. Khususnya senjata, bisa jadi penentu...

FCC Amerika Putuskan Huawei dan ZTE Ancaman Keamanan Nasional

Technologue.id, Jakarta - Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat secara resmi menyatakan bahwa Huawei dan ZTE adalah ancaman bagi keamanan nasional Amerika.

Microsoft Berhenti Pasang Iklan di Facebook, Zuckerberg Tambah Miskin?

Technologue.id, Jakarta - Raksasa teknologi Facebook mulai kehilangan sejumlah pengiklan besar akhir-akhir ini. Sekarang, giliran Microsoft yang mengumumkan penghentian iklannya hingga Agustus...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here