Sebentar Lagi, Dua Asisten Virtual Ternama Bisa Ngobrol Bareng!

Sebentar Lagi, Dua Asisten Virtual Ternama Bisa Ngobrol Bareng!
Ilustrasi artificial intelligence (source: techxplore.com)

Technologue.id, Jakarta – Selain Siri bikinan Apple dan Google Assistant yang tentu saja dari Google, publik punya alternatif asisten virtual lain, misalnya Alexa dari Amazon dan Microsoft Cortana. Menariknya, dua artificial intelligence (AI) yang disebut terakhir bakal memiliki kemampuan yang lebih canggih daripada AI milik Apple dan Google.

Melansir Eweek (01/09/17), Microsoft dan Amazon di akhir Agustus kemarin telah sepakat untuk membuat terobosan bersama, yakni memungkinkan Alexa dan Cortana untuk berkomunikasi satu sama lainnya. Ditargetkan, dua asisten virtual itu bisa saling “berdialog” sebelum bulan Desember 2017 tiba.

Baca juga:

Tak Punya Hati, Sukses Curi Data User Ini, yang Dilakukan Hacker Instagram

Untuk apa mengintegrasikan AI tersebut? Ternyata, fitur ini dihadirkan untuk mempermudah user dalam memaksimalkan layanan baik dari Microsoft maupun Amazon yang terkenal dengan mall online-nya.

Misalnya, pengguna Windows 10 dapat meminta Cortana untuk mengakses Alexa supaya dibantu untuk membeli suatu barang dari Amazon. Di sisi lain, para pemilik produk speaker pintar Amazon bernama Echo yang telah ditanami dengan Alexa bisa dikoneksikan dengan layanan Microsoft berbasis Cortana, contohnya sistem operasi Windows dan Office 365.

Baca juga:

Ini Dia Pakar Real Time Chat In-App Andalan Startup Lokal Ternama

“Pengguna Cortana akan dapat menyuruh Alexa untuk berbelanja di Amazon.com dan mengelola pesanan Amazon mereka. Sama halnya dengan pengguna Alexa yang bakal memiliki akses ke dunia pengetahuan Cortana dan fitur penunjang produktivitasnya, seperti manajemen kalender, review harian, dan pengingat berbasis lokasi,” jelas Andrew Shuman, Corporate Vice President of Cortana Engineering, Microsoft.

Baca juga:

Ini Dia TV 4K Baru dari Sony untuk Indonesia, Harganya?

Kerja sama keduanya ini dikemukakan di ajang IFA 2017 di Berlin. Gelaran itu mewadahi produsen consumer electronic ternama beserta inovasi-inovasinya yang kerap mengundang decak kagum. Salah satu contohnya ya inisiatif Microsoft dan Amazon ini.