Seberapa Canggih Prosesor 18-Core dari Intel?

Prosesor Intel Core i9 (source: Intel)

Technologue.id, Jakarta – Intel akhirnya resmi membebaskan prosesor andalannya yakni Core i7 dari misinya untuk memperbagus kinerja sebuah perangkat. Sebab pada ajang Computex 2017 yang bertempat di Taiwan, Intel menyebut adanya kehadiran buah hati baru yang dinamai Core i9.

Tak mau dibilang begitu-begitu saja, Intel membekali Core i9 dengan spesifikasi tertinggi di dunia perprosesoran, yakni dengan inti sebanyak 18 core. Hal ini dinilai sangat mewah, karena Core i9 dengan kapasitas 18 inti bisa menjalankan 36 tugas secara bersamaan.

Mengutip TheVerge (30/05/17), Core i9 ternyata tak hanya hadir dalam satu varian saja melainkan menyesuaikan kebutuhan konsumen. Jadi jika Anda tak butuh sesuatu yang terlalu fantastis tapi benci dengan laptop atau komputer yang lelet, Anda cukup menggunakan Core i9 dengan 10 inti.

Kecepatan clock dari Core i9 10 inti ini ialah 3,3 GHz, serta sudah dilengkapi Intel Turbo Boost Max yang mampu mendongkrak kecepatan clock menjadi 4,5 GHz. Memori L3 cache yang terpasang juga memiliki kapasitas sebesar 13,75 MB dan cocok dipasangkan dengan RAM DDR4-2666 4 channel serta Thermal Design Power (TDP) yang memiliki kapasitas 140W.

Sebagai produk pertama Core i9 yang dilepas di pasaran, harga yang dipatok Intel untuk prosesor 10 inti tadi adalah Rp13,3 jutaan. Sementara untuk Core i9 berinti 12, 14, 16, dan yang paling spektakuler, yakni 18, masih harus menunggu beberapa saat lagi sebelum keempatnya dipasarkan secara meluas.

Bagi Anda yang mendedikasikan hidupnya untuk game profesional dan pekerjaan yang menuntut perfoma cepat, prosesor ini layak untuk dinantikan. Pasalnya, produk ini sudah mendukung permainan yang melibatkan Mixed Reality (gabungan antara Augmented Reality dan Virtual Reality). Kegiatan streaming film dan menikmati berbagai video dari vlogger favorit pun dijamin tak akan mengalami kendala. Intel sendiri mengklaim bahwa prosesor ini cocok untuk desktop yang paling bertenaga.

Tapi jika Anda tak sabar menunggu Core i9, Intel juga menyediakan beberapa peningkatan untuk prosesor Core i5 dan Core i7. Pada Core i5, Intel menawarkan i5-7640X dengan kualitas 4-inti dan mampu menjalankan 4 tugas sekaligus.

Sedangkan pada Core i7 versi upgrade tersedia dengan inti 4 dan bisa melakukan 8 tugas, lalu inti 8 dengan kemampuan 16 tugas. Tiga produk yang telah diupgrade oleh Intel tersebut secara berurutan dibanderol sekitar Rp 3,2 jutaan, Rp4,5 jutaan, serta Rp 7,9 jutaan.

 

Baca juga:

Asus Perkenalkan Laptop Pertama yang Pakai Prosesor AMD Ryzen

Xiaomi Luncurkan Mi Notebook Air Berprosesor Kaby Lake

Nvidia Perkenalkan Penerus GeForce 940MX