Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Seberapa Efektif Lockdown? Google Punya Jawabannya
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Di tengah pandemi virus Corona yang masih berlangsung, banyak perusahaan teknologi yang memanfaatkan sumber dayanya untuk membantu masyarakat dan pemerintah memerangi wabah ini. Dan salah satu yang dilakukan oleh Google adalah membentuk sebuah laporan mobilitas berbasis komunitas. Mengutip dari GSMArena (03/04/20), melalui laporan mobilitas berbasis komunitas atau yang disebut dengan Community Mobility Reports tersebut, Google dapat menyajikan data seberapa efektifkah sistem lockdown yang sudah dilakukan di berbagai negara untuk membatasi pergerakan masyarakat guna menghentikan penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Mau Nonaktifkan Bisnis Online saat Corona? Ini Saran Google

Data-data yang disajikan oleh Google tersebut sendiri terdiri dari sebuah laporan dari pergerakan para pengguna smartphone di tiap-tiap negara berdasarkan letak geografisnya, seperti taman, stasiun transportasi publik, tempat kerja, tempat rekreasi, dan perumahan. Untuk melindungi privasi dari pengguna smartphone, Google sendiri tidak menyajikan berapa angka pastinya. Dari data yang terkumpul, hanya terlihat tren pergerakan dalam bentuk persentase. Google juga mengklaim bahwa mereka tidak mengumpulkan data personal yang sensitif, seperti lokasi, dan kontak.

Baca Juga: WFH, Google Jamin Layanannya Lancar

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada 131 negara yang tercatat di dalam Community Mobility Reports. Dan masing-masing laporan tersebut bisa diakses siapapun secara gratis melalui laman www.google.com/covid19/mobility. Dengan adanya data tersebut, Google berharap bisa membantu para pekerja medis dan pemerintahan.

SHARE:

Catat 6.400 Lebih Peserta, Huawei Ungkap Pemenang ICT Competition Asia-Pacific 2023-2024

Starlink Masuk Indonesia, Indosat Singgung Persaingan Layanan Internet